BK DPRD Kaltim Soroti Anggota yang Jarang Hadir di Paripurna

TIMURMEDIA – Ketidakhadiran anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Timur di Paripurna menjadi catatan khusus bagi Badan Kehormatan DPRD Kaltim. Sikap tegas BK ini menyusul minimnya kehadiran anggota DPRD Kaltim di Paripurna. Punncaknya terjadi pada Paripurna ke 6, Senin 6 Februari 2023.

Tercatat, hanya ada 28 anggota DPRD Kaltim yang hadir dari total keseluruhan 55 anggota DPRD Kaltim. Celakanya, jumlah anggota DPRD Kaltim yang ikut pada Paripurna sebelumnya juga kurang lebih sama. Hingga saat ini, absensi setiap legislator di Karang Paci telah dipantau.

Sutomo Jabir, Ketua BK DPRD Kaltim, mengungkapkan, hasil pantauan ini telah disampaikan kepada pimpinan DPRD Kaltim. Tiap akhir masa sidang tertentu, ucapnya, BK meminta rekap hasil absensi selama masa sidang tersebut. “Kami meminta rekapannya dari Sekretariat DPRD Kaltim. Cuma memang, sekretariat kadang lambat juga memberi rekapannya,” katanya, Rabu 8 Februari 2023.

Sebagai contoh, urai Sutomo Jabir, BK sebenarnya sudah meminta absensi selama masa sidang 3 pada 2022 dari Sekretariat DPRD Kaltim. Namun hingga saat ini, Sekretariat DPRD Kaltim memberikan dengan alasan,absensi tersebut masih dalam proses validasi.

“Setelah itu ada (rekap, Red.), kami bersurat dan mengingatkan kepada anggota yang malas-malas itu. BK menyurati bisa langsung ke pimpinan DPRD, nanti pimpinan yang sampaikan ke anggota langsung atau lewat fraksi,” jelasnya.

Jika teguran disampaikan melalui fraksi, Sutomo Jabir berharap para ketua fraksi bisa mengingatkan anggota-anggotanya. Sebab, para anggota tunduknya pada fraksi. “Itu sudah kami lakukan setiap akhir masa sidang selama saya jadi Ketua BK. Ini bagian dari tugas,” tegasnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu menyatakan, untuk absensi selama masa sidang 1 pada 2023 masih berjalan. Saat masa sidang berakhir, barulah BK kembali bersurat ke pimpinan DPRD atau fraksi. Kemudian diteruskan ke para anggota DPRD.

“BK selalu berupaya untuk memberikan motivasi sekaligus mengingatkan ke para anggota agar rajin dalam memenuhi tugasnya sebagai wakil rakyat,” pungkasnya. (adv)

 

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button