Samarinda

BK DPRD Kaltim Sambangi MK DPR RI

TIMURMEDIA – Badan Kehormatan Dewan Perwakian Rakyat Daerah Kalimantan Timur melakukan lawatan ke Mahkamah Kehormatan DPR Republik Indonesia di Jakarta, Rabu 18 Januari 2023. Dipimpin Ketua BK DPRD Kaltim, Sutomo Jabir, pertemuan kali ini diterima oleh Anggota MKD DPR-RI R Imron Amin dan Sartono.

Kunjungan tersebut diagendakan dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi BK DPRD Kaltim. Kata Sutomo Jabir, bahwa banyak hal yang dikonsultasikan termasuk upaya memaksimalkan peran dalam menjaga kedisplinan anggota DPRD. Tak hanya itu, BK juga memerlukan arahan tata cara menindaklanjuti setiap indikasi pelanggaran yang dilakukan anggota DPRD.

“Baik dalam bentuk pengaduan, maupun bukan pengaduan seperti kehadiran dan kedisiplinan berpakaian,” ucapnya. “Selain itu BK juga mendiskusikan hal imunitas DPRD, dimana semestinya Badan Kehormatan yang sebaiknya lebih dulu mencegah ataupun mengatasi, menyelesaikan persoalan-persoalan yang menjerat anggota dewan sebelum aparat penegak hukum yang masuk. Mestinya BK dulu yang menangani,” timpalnya, didampingi wakil Ketua BK Harun Al Rasyid.

Sementara itu, hal penting lain juga juga disinggung yakni terkait Memorandum of Understanding antara Majelis Kehormatan Dewan dengan Polri, Kejaksaan, Mahkamah Agung dan pihak terkait lain.

“Ini yang belum tersosialisasi optimal sampai ketingkat daerah sehingga dari hasil diskusi MKD berencana mengagendakan kunjungan ke Provinsi Kalimantan Timur kedepannya. Berkunjung ke DPRD Kaltim sekaligus mengajak mitra-mitra untuk berdiskusi seperti dengan pihak kepolisian, kejaksaan, pengadilan dan sebagainya,” tutup Sutomo Jabir. (adv)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button