Barmuda Chess Cup 2024 Diikuti Ratusan Peserta

Turnamen catur terbesar di Kota Samarinda baru saja dimulai, Jumat 21 Juni 2024 kemarin. Mempertandingkan dua kategori --master dan non master-- turnamen ini diinisiasi Dewan Pengurus Pusat (DPP) Barisan Muda Daerah (Barmuda) Kalimantan Timur (Kaltim); organisasi kemasyarakatan (ormas) yang selama ini identik dengan kegiatan bakti sosialnya.

TURNAMEN bertajuk Barmuda Chess Cup 2024 bisa disebut sebagai yang terbesar. Pasalnya, total hadiah yang disiapkannya tak main-main, Rp 110 juta. Dipusatkan di Komplek Aubry, Jalan Juanda 6 –Kota Samarinda– Barmuda Chess Cup 2024 diikuti ratusan atlet. Diantaranya 31 atlet bergelar master dan 232 peserta non master.

Menariknya, para peserta tak hanya dari Kaltim. Mereka juga ada yang datang dari provinsi lainnya. Salah satunya Muhammad Arsyad, yang datang bersama rekan-rekannya dari Kalimantan Selatan (Kalsel). “Turnamen ini luar biasa, apalagi hadiahnya cukup besar. Dan itu cukup menarik minat kami untuk berpartisipasi,” ucapnya.

Selain Muhammad Arsyad, ada pula Khairul Anam. Peserta asal Probolinggo –Jawa Timur (Jatim)– yang turun di kategori master ini mengatakan, Barmuda Chess Cup 2024 menjadi ajang pemanasan baginya sebelum berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XI Aceh-Sumatera. “Ini juga menjadi ajang pemanasan bagi saya dan teman-teman untuk persiapan ke PON XI,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPP Barmuda Kaltim, H Anderiy Syachrum, mengaku ide menggelar Barmuda Chess Cup 2024 didasari oleh hobinya bermain catur. Awalnya, dia hanya ingin membuat turnamen untuk hiburan sembari mengumpulkan kawan-kawannya.

“Tapi setelah kami berkoordinasi dengan pengurus Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia, Red.) Kaltim, kenapa tidak bikin sesuatu yang lebih besar. Maka, jadilah Barmuda Chess Cup ini dikemas layaknya kejuaraan profesional,” ungkapnya, saat memberikan sambutan.

H Anderiy Syachrum berharap, lewat Barmuda Chess Cup 2024 ini gairah catur di Benua Etam akan semakin menggelora. Lalu, dari situ akan lahir talenta-talenta atlet potensial yang bisa berprestasi di masa depan.

“Kami melihat Kaltim ini potensial. Hanya saja, mungkin wadahnya saja yang kurang. Maka dari itu, kami akan berusaha agar event ini bisa digelar rutin setiap tahunnya,” ulasnya, usai mendengar harapan dari peserta Barmuda Chess Cup 2024 agar turnamen ini bisa digelar secara rutin.

Disamping itu, Idris Karim, Wakil Sekretaris Umum Percasi Kaltim –yang didapuk sebagai Technical Delegate (TD)– menyambut baik digelarnya Barmuda Chess Cup 2024. Hal ini, katanya, sejalan dengan niat Pengurus Provinsi (Pengprov) Percasi Kaltim untuk menggiatkan turnamen catur di level masyarakat.

“Kami juga di Percasi tengah mempersiapkan untuk bisa menggelar kejuaraan semacam ini. Apakah nanti hanya untuk Kaltim atau terbuka buat daerah lainnya, masih akan dibicarakan lebih jauh,” tutupnya. (re)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button