Bencana AlamNasional

Banjir Bandang Melanda Kota Batu, Jatim

Reporter : Taufik Hidayat | Editor : Faisal

TIMUR MEDIA – Indonesia kembali mendapat kabar duka, kali ini Kota Batu, Prov. Jawa Timur dilanda banjir bandang. Menurut kronologis yang ada, hal tersebut dipacu oleh curah hujan dengan intensitas tinggi dan adanya sumbatan batang-batang kayu di hulu sungai. Menyebabkan terjadinya luapan air yang tak terbendung, fenomena tersebut jerjadi sekitar pukul 14.00 WIB pada hari Rabu, 03/11/2021.

Banjir yang terjadi sontak melibas beberapa Kecamatan yang berada di Kota Batu, yaitu Kec. Bumiaji, Sumber Brantas, Bulu Kerto, Tulung Rejo, Padang Rejo, dan Kecamatan Sidomulyo. Data kerugian saat ini diinformasikan 4 Kendaraan Hanyut serta 1 Unit rumah terendam. Sementara untuk korban jiwa, 15 orang diperkirakan hilang (Hanyut), 4 orang di temukan (Selamat), 11 orang dalam pencarian dan masih dalam pendataan dari pihak terkait yang menangani.

Dilansir dari Signature.bmkg.go.id mengeluarkan edaran peringatan yang berlaku pada tanggal 04 November 2021 pukul 07.00 WIB. Sampai dengan 05 November 2021 pukul 07.00 WIB, yang berpotensi dampak hujan lebat untuk dampak Banjir/Bandang dapat terjadi di wilayah Prov. Jawa Timur dengan status Waspada.

Sementara beberapa pihak telah melakukan upaya penanggulangan dan bantuan, BPBD telah menurunkan tim ke lokasi kejadian, untuk melakukan kerja cepat dan pendataan serta peninjauan lokasi lainnya, yang di perkirakan terdampak bersama dengan Walikota Kota Batu. Tim gabungan sedang membersihkan lumpur dan melakukan pencarian korban yang hilang. Saat ini juga Tim dari BPBD sedang menyiapkan lokasi pengungsian.

Kondisi terkini, terlihat cuaca dengan intensitas ringan dan banjir juga telah surut dengan menyisakan lumpur yang masih nampak di rumah” warga.

Diinformasikan oleh PUSDALOPS BNPB dengan nomer pengaduan atau cell center 177 (bebas pulsa). Serta akun instagram pusdalops_bnpb.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button