Kuliner

5 Bakso Enak di Samarinda yang Wajib Dicoba

BAKSO merupakan kuliner khas Indonesia yang selalu menjadi favorit di segala situasi. Rasanya yang gurih dengan bulatan daging lembut dari daging sapi lebih nikmat dikonsumsi saat hujan sedang turun. Tak jarang omzet penjualan bakso ini selalu menjadi nomor satu dan tak terkalahkan dengan makanan lainnya.

Begitu halnya dengan kota Samarinda yang memiliki banyak tempat makan dengan kulinernya yang khas. Bakso juga menjadi salah satu makanan favorit yang selalu ramai dengan pembeli. Berikut 5 bakso enak di Samarinda yang bisa kamu cicipi kelezatannya.

  1. Bakso Gresik atau Bakso Kalimantan

Bakso Gresik atau biasa juga disebut bakso Kalimantan ini awalnya terletak di Jalan Pulau Kalimantan. Namun, karena ramainya pengunjung yang ingin menikmati, bakso ini kemudian pindah ke Jalan Arief Rahman Hakim.

Tak hanya bakso, di rumah makan ini juga menyediakan soto ayam yang terkenal dengan kaya rempahnya. Rasa daging sapi dari bakso Gresik ini dijamin akan membuatmu ketagihan. Jika takut darah tinggi, kamu bisa mengganti kuah baksonya dengan kuah soto. Perpaduan rasa soto dengan bakso ini dapat membuat kamu tergila-gila dengan rasanya.

  1. Bakso Pradah

Bakso Pradah ini terletak di Jalan Danau Toba, Samarinda. Olahan khas daging sapi ini juga terkenal lezat dan menggugah selera, terlebih dengan ukuran bakso yang sedikit lebih besar serta ukuran yang biasa.

Di tempat makan ini juga menyediakan es campur yang nikmat. Terasa sangat pas jika makan bakso yang pedas kemudian minumnya adalah es campur yang manis.

  1. Bakso Jawa

Selanjutnya adalah bakso Jawa. Bakso ini terletak di Jalan Pahlawan, Samarinda.

Bakso ini terdapat dua jenis, yaitu bakso hakus dan bakso kasar. Bakso halus merupakan bakso dengan daging lembut dan bakso kasar adalah bakso dengan urat atau tetelan di dalamnya. Bakso ini juga disajikan dengan sayur sawi dan kerupuk pangsit yang menambah cita rasanya semakin nikmat.

  1. Bakso Wijaya

Bakso terenak lainnya di Samarinda adalah bakso Wijaya. Bakso ini terletak di Jalan Hasan Basri, Samarinda. Terletak berseberangan tidak jauh dari Hotel Midtown, Samarinda.

Bakso ini juga terdiri dari bakso halus dan kasar. Bakso ini ukurannya normal dan harganya sangat ramah di kantong. Di tempat makan bakso ini juga menyediakan lontong. Kalau kamu sangat lapar dan ingin makan bakso, bakso Wijaya dapat menjadi alternatif yang cocok.

  1. Bakso Pak Gun

Bakso lainnya adalah bakso Pak Gun. Bakso Pak Gun ini terletak di Jalan Gatot Subroto, Samarinda alias Ttdak jauh dari simpang empat lampu merah Jalan Hasan Basri, Jalan A. Yani, Jalan Ruhui Rahayu dan Jalan Gatot Subroto.

Tempat makan bakso ini memang terlihat biasa saja, namun untuk rasa baksonya juga tidak kalah enak dengan bakso-bakso sebelumnya. Bakso Pak Gun ini dilengkapi dengan potongan sayur kol, kerupuk pangsit, dan juga siomay. Rasa kuahnya yang gurih bisa membuat kamu ketagihan. (*)