Kaltim

21 Rumah Hangus, 79 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

Musibah Kebakaran menghanguskan puluhan rumah warga di RT. 06, Kelurahan Jenebora, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Minggu (6/10/2019) dini hari, akibatnya 21 rumah hangus dilalap api dan 79 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Saat di hubungi media ini Kepala Sub Bidang Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PPU, Hj. Nurlaila, mengatakan, laporan bencana kebakaran tersebut diterima pihaknya sekitar pukul 01.35 Wita.

Dijelaskan lebih lanjut, setelah menerima laporan tersebut, Tim BPBD langsung bergerak menuju lokasi untuk melakukan penanganan kebakaran itu bersama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), Polsek dan Koramil Penajam, PT Balikpapan Forest Industries (BFI) dan warga.

“Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 06.00 Wita dan kini masih dilakukan pendinginan. Akibat kejadian itu terdapat satu warga mengalami luka bakar di bagian punggunya atas nama Lulu Amelia (9) dan kini menjalani perawatan di Rumah Sakit Tentara Balikpapan,” Jelasnya.

Menangani musibah kebaran tesebut, DPKP menurunkan satu unit kendaraan Pemadam Kebakaran Pos Maridan, Pos Sotek serta satu unit kendaraan PMK milik PT. BFI. Sementara  BPBD menyiapkan perlengkapan pendataan , pendirian shelter dan pemenuhan logistik pagi untuk petugas dan korban terdampak.

“Hingga kini penyebab  masih dalam penyelidikan polisi. Rumah yang mengalami rusak berat atau habis terbakar sebanyak 19 bangunan dan dua bangun rusak sedang,”tutur Nurlaila.

Sementara itu berdasarkan hasil rapat kordinasi BPBD, DPKP, Pospol Jenebora, aparat kelurahan, dan ketua RT, untuk menangani korban terdampak di buka posko pengungsian di Gedung Olah Raga (GOR) milik Kelurahan Jenebora.

Most Popular

To Top