Dinas KUKM Perindag PPU Mempertimbangkan Gelar Operasi Pasar

Timur Media, Penajam – Salah satu strategi penting untuk mengatur dan mengawasi distribusi dan harga pasar barang kebutuhan pokok adalah operasi pasar. Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (KUKM Perindag), Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sendiri telah menerima banyak masukan tentang operasi pasar.

Dinas KUKM Perindag PPU dapat memperbaiki dan menyempurnakan proses operasi pasar, termasuk memastikan ketersediaan barang kebutuhan pokok dengan harga terjangkau bagi masyarakat. Akibatnya, diharapkan upaya ini dapat membantu menstabilkan harga pasar dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kepala DKUKM Perindag Kabupaten PPU, Saidin mengaku bahwa masyarakat meminta pihaknya untuk rutin menggelar operasi pasar secara terjadwal. Namun hal tersebut tengah mempertimbangkan operasi pasar untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok.

“Untuk operasi pasar belum direncanakan, tetapi memang sudah banyak yang meminta untuk dilakukan operasi pasar,” kata Kepala Dinas KUKM Perindag PPU itu. Jumat, 9 Februari 2024.

Dinas KUKM Perindag PPU akan mengevaluasi terlebih dahulu, karena mereka bukan penyedia langsung barang yang dimaksud. Sebagai contoh, untuk kebutuhan beras dan gula, mereka berkoordinasi dengan Bulog.

Oleh karena itu, pihak Dinas KUKM Perindag PPU perlu berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak Bulog untuk memastikan ketersediaan barang yang dimaksud sebelum mengambil tindakan lebih lanjut.

“Kami akan melihat terlebih dahulu, kalau POP itu kan kami bukan penyedia barangnya, kalau beras dan gula misalnya kami koordinasi dengan Bulog nya, jadi mesti koordinasi dengan dia dulu, makanya perlu kami pastikan dulu,” tutupnya. (ADV)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button