180 Personel Polres PPU Siap Amankan Pilkades Tahun 2023

Timur Media, Penajam – Sebanyak 180 personel Kepolisian Resor (Polres) Penajam Paser Utara, di terjunkan untuk melakukan pengamanan pemilihan kepala desa (Pilkades) di daerah itu, yang dijadwalkan berlangsung pada 29 Oktober 2023.

Kapolres Penajam Paser Utara AKBP Hendrik Eka Bahalwan menjelaskan,

“Kami siap untuk mengamankan Pilkades, yang disiagakan sepertiga kekuatan  Personel Polres atau sekitar 180 personel,”ungkapnya.

AKPB Hendri melanjutkan, fokus pengamanan dilakukan di setiap desa yang menyelenggarakan Pilkades dengan kerawan konflik, sebab berbarengan dengan tahapan pemilihan umum (pemilu) 2024.

“Penempatan jumlah personel di desa penyelenggara Pilkades, disesuaikan jumlah dusun dan tempat pemungutan suara (TPS) di desa yang mnyelengaraka,” terangna..

Terkait pengamanan Pilkades tersebut telah dilakukan koordinasi dengan semua unsur, yakni TNI dan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

Hal ini juga, lanjut dia merupakan wujud kesiapan Polri dalam menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif.

“Masyarakat dan semua pendukung pada Pilkades agar dapat melaksanakan dengan tenang, damai dan bisa menjaga lingkungan tetapi kondusif,”pungasnya.

Untuk diketahui, Sebanyak 14 desa di Kabupaten Penajam Paser Utara bakal menggelar pemilihan kepala desa pada tahun ini, yakni Desa Sidorejo dan Giripurwa di Kecamatan Penajam, serta Desa Bangun Mulya di Kecamatan Waru.

Selanjutnya Desa Labangka, Gunung Intan, Rintik, Gunung Mulia dan Desa Labangka Barat di Kecamatan Babulu, serta Desa Bumi Harapan, Argo Mulyo, Semoi Dua, Suko Mulyo, Karang Jinawi dan Desa Telemow di Kecamatan Sepaku.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button