Internasional

WHO: Covid-19 Harus Dilawan Tanpa Vaksin

Ryan menegaskan jangan sampai berani memastikan jika vaksin bisa menyelesaikan masalah.

Reporter: Maya I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Badan Kesehatan Dunia atau menekankan vaksin seharusnya jangan dianggap sebagai solusi pamungkas menangani Covid-19.

Direktur kedaruratan WHO Michael Ryan, menegaskan vaksin tidak akan tiba pada waktunya untuk menanggulangi pandemi.

Meski perusahaan farmasi dunia berlomba-lomba membuat vaksin, tapi menurut Ryan banyak negara yang bisa melewatinya tanpa vaksin.

“Kita perlu mengerti dan menginternalisasi dan menyadari jika kita harus mendaki gunung kali ini tanpa vaksin,” tegas Ryan, disiarkan AFP, belum lama ini. Ryan juga menegaskan agar tidak jangan sampai ada keyakinan yang berani memastikan kalau vaksin mampu menyelesaikan masalah.

“Beberapa orang berpikir vaksin akan menjadi solusi. Faktanya tidak seperti itu,” tegas Ryan.

Bahkan, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, turut menegaskan keberadaan vaksin tidak akan langsung menghentikan penyebaran virus Covid-19.

“Vaksin akan melengkapi sarana dan pedoman kesehatan yang kita punya, tapi vaksin tidak akan menghentikan pandemi,” tegas Tedros.

Dari data realtime global kasus Covid-19, per Selasa 1 Desember 2020, jumlah pasien yang sembuh di dunia telah menembus 44,1 juta jiwa. Tingkat kesembuhan mencapai 97 persen. Dari sisa kasus aktif 18,1 juta, sebesar 99,4 persen dalam kondisi stabil.

Seluruh pasien yang sembuh tidak menggunakan vaksin apapun.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button