Balikpapan

Waspada, Razia Masker Bidik Perkampungan Balikpapan

Ribuan warga Balikpapan terjaring razia karena tak gunakan masker.

Report: Taufik Hidayat I Editor: Isnan Rahardi

TIMUR MEDIA – Warga Balikpapan perlu berhati-hati bila tak menggunakan masker. Sebab, Satgas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Balikpapan akan melakukan razia dengan membidik kawasan perkampungan. Hal ini dilakukan untuk memastikan penegakan protokol kesehatan.

Demikian diutarakan Kepala Satpol PP Zulkifli saat jumpa pers, Kamis 1 Oktober 2020. “Sosialisasi protokol kesehatan dan razia masker nanti masuk ke perkampungan. Ini dilakukan agar tertib protokol kesehatan,” jelasnya.

Selain kawasan perkampungan, razia di tempat fasilitas umum tetap diteruskan. Razia ini dilakukan serentak di enam kecamatan di Balikpapan. Alasannya, menurut Zulkifli, masih banyak warga yang terjaring razia tanpa menggunakan masker.

“Di fasilitas umum, masih dilakukan razia seperti biasa,” tegasnya.

Zulkifli menyampaikan, sejak dilakukan razia per 1 September 2020, tercatat ada sekitar 2.671 warga Balikpapan yang terjaring lantaran ke luar rumah tanpa masker. Mereka dikenai sanksi berupa kerja sosial dan atau denda.

Dari ribuan warga yang terjaring, sanksi terbanyak kerja sosial. “Ada 1.218 orang,” jelasnya. Kemudian ada pula yang menyediakan masing-masing 19 masker sebanyak 930 orang, begitu pun yang membayar denda sebesar Rp 100 ribu. Untuk pelaku usaha yang ditertibkan lantaran melanggar jam malam pukul 22.00 Wita sesuai surat edaran Wali Kota sebanyak 175 pedagang.

“Kami berharap kesadaran masyarakat semakin tinggi,” ujarnya. Penegakkan disiplin protokol kesehatan ini, menurutnya, diatur di Peraturan Wali Kota Nomor 23 Tahun 2020.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button