Nasional

Wapres Angkat 8 Staf Khusus

2019

TimurMedia.com:

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. (Int)

Report: Ryan | Editor: Adhi S

TIMUR MEDIA – SEOLAH ingin menyamakan dengan Jokowi, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin juga¬†resmi mengangkat staf khusus baru.

Wapres menunjuk delapan orang staf khusus untuk membantu kinerjanya. Masing-masing staf khusus akan mendapat gaji puluhan juta per bulan.

Tiap staf khusus juga dibolehkan memiliki lima asisten untuk membantunya.

Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi, menuturkan para staf khusus ini akan memiliki tugas dan fungsi masing-masing.

“Pak Wapres memanggil seluruh staf khusus yang sudah mendapat surat keputusan dari Presiden, ada delapan orang staf khusus,” terang Masduki pada awak media, Senin, 25/Nov/2019.

Bidang mereka masing-masing berdasarkan nomenklatur yang sesuai dengan peraturan di era Jusuf Kalla.

Berikut nama dan tugas delapan staf khusus Wapres RI:

  1. Mohamad Nasir. Mantan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Ia didapuk sebagai Staf Khusus Wapres bidang Reformasi Birokrasi.
  2. Satya Arinanto. Staf khusus lawas di era Wapres Jusuf Kalla. Ia didaulat  membidangi masalah hukum.
  3. Sukriansyah S Latief. Mantan staf khusus Kementerian Pertanian. Tugasnya sebagai Staf Khusus Wapres bidang Infrastruktur dan Investasi.
  4. Lukmanul Hakim. Direktur LPPOM Majelis Ulama Indonesia. Tugasnya sebagai staf khusus, membidani masalah  ekonomi.
  5. Imam Aziz. Aktivis dan LSM yang fokus pemberdayaan masyarakat. Sebagai staf khusus, ia didapuk menangani masalah pemberdayaan masyarakat, penanganan kemiskinan dan isu stunting.
  6. Robikin Emhas. Pengurus PBNU, yang tugasnya sebagai staf khusus akan menangani masalah komunikasi dan hubungan antar lembaga.
  7. Masykuri Abdillah. Guru besar UIN Jakarta. Tugasnya sebagai staf khusus akan menangani masalah bidang umum.
  8. Masduki Baidlowi. Juru Bicara Wapres, yang dalam staf khsusus membidani bidang Komunikasi dan Informasi.

Para staf khusus Wapres ini akan menerima gaji sebesar Rp 51 juta per bulan. Besaran gaji itu serupa dengan gaji stafsus Jokowi.

Besaran gaji stafsus diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 144 Tahun 2015 tentang Besaran Hak Keuangan bagi Staf Khusus Presiden, Staf Khusus Wakil Presiden, Wakil Sekretaris Pribadi Presiden, Asisten dan Pembantu Asisten.

Dalam Pasal 5 Perpres itu disebutkan, hak keuangan merupakan pendapatan keseluruhan yang diterima dan sudah termasuk di dalamnya gaji dasar, tunjangan kinerja dan pajak penghasilan.

Tak hanya gaji yang menggiurkan. Para staf khusus ini juga diperbolehkan memiliki paling banyak lima asisten untuk membantu tugas mereka.

Most Popular

To Top