Kaltim

Wagub Terima Siapapun Nahkoda Nusantara

Report: Yoyo I Editor: Basir

TIMUR MEDIA – Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi menegaskan akan menerima siapapun yang ditunjuk sebagai nahkoda untuk memimpin Ibu Kota Negara, Nusantara.

Kota Nusantara kelak dipimpin Badan Otorita IKN. Tapi sampai saat ini sosok itu masih misteri. Sejumlah nama sempat mencuat menjadi calon Kepala Otorita IKN. Di antaranya, Ridwan Kamil dan Ahok. Namun, masyarakat Kaltim dan Kaltara meminta agar nantinya IKN dipimpin Putrab Daerah.

Sejumlah nama yang diajukan pun mengemuka. Antara lain, mantan Gubernur Kaltara Irianto Lambrie, mantan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, dan mantan Wali Kota Samarinda Syahrie Jaang.

Di tengah misteri siapa nama yang bakal memimpin Kota Nusantara IKN, Wagub Kaltim Hadi Mulyadi tidak mempermasalahkan siapapun sosok yang dipilih pusat.

“Siapapun yang dipilih sebagai kepala Badan Otorita IKN baru di Kaltim kami tidak ada masalah, tapi kalau ada putra Kaltim, tentu kita juga senang,” ujar Hadi Mulyadi, dilansir laman Pemprov.

Soal pemilihan kepala Badan Otorita, Hadi menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi. Ia menekankan, yang terpenting pendanaan dan pembangunan IKN bisa dirasakan seluruh masyarakat Kaltim.

Ia mengingatkan amanat masyarakat Kaltim, mengharapkan pembangunan IKN harus terintegrasi dengan pembangunan seluruh kabupaten kota di Kaltim.

“Jangan sampai pembangunan IKN seperti surga dan neraka, pergi ke IKN gemerlap dan mewahnya, tetapi kabupaten sekitar IKN seperti langit dan dasar sumur. Karena itu pembangunan IKN harus terintegrasi dengan 10 kabupaten kota di Kaltim, itu harapan kami,” ujar Hadi Mulyadi.

Sebelumnya Gubernur Kaltim Isran Noor juga menyebut, kepala Badan Otorita IKN tidak harus warga asli Kaltim. Tapi yang utama ia harus punya kapasitas dan elektabilitas yang cocok memimpin IKN di Kaltim.

“Tidak ada masalah, siapapun yang terpilih menjadi kepala Badan Otorita IKN harus sesuai prosedur dan kapasitasnya harus punya integritas, keahlian dalam membangun IKN Nusantara,” jelas Isran.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button