Kaltim

Wagub Hadi Sudah Sembuh

Pewarta: Yoyo I Editor: Fai

TIMUR MEDIA – Tim medis RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda memastikan Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi, dinyatakan telah sembuh dari korona, Minggu 26 Juli 2020.

Direktur Utama RSUD Abdul Wahab Sjahranie dr David Hariadi Masjhoer, memastikan sesuai protokol kesehatan baru Kemenkes, Wagub Hadi Mulyadi sudah sembuh usai dirawat lebih dari 10 hari.

Wagub Hadi Mulyadi, kata David, dinyatakan positif korona sejak Rabu (15/7). Wagub telah menjalani 11 hari isolasi mandiri di rumah jabatannya, Jalan Milono 1 Samarinda.

“Berdasarkan protokol yang baru, Wagub dinyatakan sudah sembuh karena memasuki hari ke-10,” jealsnya. David menyampaikan untuk memastikan kesembuhan Wagub, pihaknya tidak akan melakukan uji swab. Meski begitu, tim medis RSUD AWS akan menambah masa isolasi mandiri untuk pemulihan kondisi Wagub Hadi Mulyadi menjadi dua minggu perawatan.

“Protokol yang baru, tidak perlu swab lagi. Kami tunggu dua minggu saja,” jelasnya.​​​​​​​ Menurutnya, berdasarkan protokol kesehatan terbaru, pasien korona tanpa gejala yang telah menjalani perawatan selama 10 hari maka tidak perlu dilakukan swab untuk memastikan kesembuhan.

“Tapi bila ada gejala ringan, maka masa isolasi akan ditambah tiga hari lagi,” papar David.​​​​​​​ Wagub Hadi Mulyadi, dinilai tim medis RSUD AWS sebagai pasien dengan gejala ringan. Alasannya, menurut dr David, sebelum dites swab Hadi mengaku ada keluhan demam. Dengan kondisi itu, pihak RSUD AWS menanggap hanya gejala ringan.

Sebelumnya, Wagub Hadi Mulyadi meminta warga yang sempat berinteraksi dengannya dalam dua  pekan terakhir dapat menjalani rapid test. Langkah ini untuk memastikan yang bersangkutan tidak terinfeksi korona.

Selama dua pekan sebelum dinyatakan positif terpapar korona, Wagub Hadi Mulyadi pernah menghadiri sejumlah pertemuan yang menghadirkan banyak orang. Semisal aksi sosial penggalangan dana sampai rapat paripurna di Parlemen Kaltim.

“Ya, seharusnya digratiskan. Nanti kerjasama dengan kabupaten/kota,” ujar Wagub Hadi.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button