Internasional

Rusia Ciptakan Vaksin Covid-19 Kedua

Red : Ahmad Mulyadi

MOSKOW, TIMUR MEDIA — Vaksin COVID-19 buatan Rusia yang kedua disebut dapat membentuk kekebalan tubuh terhadap virus COVID-19 setidaknya selama enam bulan. Demikian disampaikan Alexander Ryzhikov dari Pusat Penelitian Virologi dan Bioteknologi, Vector, seperti dikutip Kantor Berita Federasi Rusia, TASS (17/9/2020).

Menurut Ryzhikov, Vector sebagai produsen vaksin tersebut berhasil menciptakan sebuah sistem yang dapat menciptakan kekebalan tubuh terhadap virus COVID-19 tanpa menimbulkan efek samping berbahaya. Dengan jangka enam bulan tersebut, kata dia, maka konsumen dapat menggunakannya lagi setelah habis enam bulan dan seterusnya selama itu masih diperlukan tanpa perlu khawatir apapun.

Kekebalan yang dibentuk oleh vaksin ini sudah cukup untuk setidaknya enam bulan. Setelah itu, masih diperbolehkan untuk vaksinasi lagi, kandungan vaksinnya memungkinkan untuk melakukan itu,” ujarnya saat acara live streaming via Instagram yang diselenggarakan oleh sebuah lembaga pengawas hak konsumen di Rusia.

Vaksin itu sendiri, sebelumnya sudah mendapatkan izin resmi dari Kementerian Kesehatan Rusia untuk melakukan uji klinis pada 24 Juli lalu. Kemudian pada 27 Juli, uji coba pertama terhadap sejumlah sukarelawan pun digelar. Menurut Anna Popova, pimpinan lembaga pengawas hak kosumen di Rusia, uji coba vaksin ini akan berakhir pada akhir 30 September nanti. Setelah itu, tahapan selanjutnya adalah uji coba pasca pendaftaran.

Rusia termasuk negara yang sukses dalam memproduksi vaksin COVID-19. Sebelumnya, sebuah lembaga penelitian milik Pemerintah Rusia bernama Institut Gamaleya juga berhasil menciptakan vaksin COVID-19 yang dinamai Sputnik V. Bahkan, vaksin tersebut telah melewati tahapan uji coba yang lebih panjang dan telah didaftarkan secara resmi oleh Pemerintah Rusia. Karena hasil uji coba yang memuaskan, sejumlah negara di dunia pun telah menyatakan ketertarikannya dan memesan Sputnik V ini kepada Pemerintah Rusia.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button