Ekonomi

Utang BPJS Tembus 17 Triliun

TimurMedia.com:

BPJS Kesehatan. (GI)

Report: Robby| Editor: Abi K

TIMUR MEDIA – UTANG BPJS Kesehatan kepada Rumah Sakit se-Indonesia mencetak angka fantastis. Angkanya cukup mencengangkan, yakni menembus Rp 17 triliun.

Hal ini diungkap Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia atau PERSI, Kuntjoro.

“Piutang rumah sakit ke BPJS yang saya tau hingga 30 September 2019 itu Rp 17 triliun. Semua, se-Indonesia,” ujarnya, Senin, 12/Nov/2019.

Kuntjoro menyebut angka itu bukan jumlah yang sedikit. Lantaran itu, PERSI menekankan agar BPJS bisa segera menyelesaikan kewajibannya tersebut.

“Jika tidak, operasional RS berpotensi terganggu,” tegasnya.

Ia menekankan, “Yang penting sekarang bayar dulu. Saya kan rumah sakit nih. Dibayar dulu aja. Supaya pasien yang non BPJS-nya itu meningkat,” jelas Kuntjoro.

Utang fantastis BPJS bukan kali ini saja.

Sebelumnya, anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay menyampaikan utang BPJS kepada rumah sakit di bawah Muhammadiyah mencapai Rp 300 miliar.

“Pimpinan pusat Muhammadiyah bilang ke saya tolong diingatkan Kementerian Kesehatan BPJS mereka punya utang 300 miliar kepada Rumah Sakit Muhammadiyah di Indonesia,” ungkapnya.

Ia diamanahkan untuk menyampaikan agar pemerintah segera melunasinya. Hal itu pun Dalay katakan saat Rapat Dengar Pendapat antara Kemenkes dan Komisi IX beberapa waktu lalu.

Jika tak segera dilunasi, bisa berpotensi menganggu pelayanan rumah sakit.

“Tolong ini diperintahkan agar jangan sampai operasional rumah sakit yang membantu masyarakat terkendala,” ujar Dalay.

Sumber|CNBC Indonesia
🅣🅘🅜🅤🅡 🅜🅔🅓🅘🅐

Most Popular

To Top