Balikpapan

UN Hilang, Terbit Rasa Senang

Report: Hendra| Editor: Abi K

TIMUR MEDIA – MENDIKBUD Nadiem Makariem bakal menghapus ujian nasional (UN) pada tahun 2021. Rencana ini disambut bahagia sejumlah siswa dan orangtua di Balikpapan.

Siswa kelas XII SMAN 2 Balikpapan, Andi sangat senang dengan penghapusan UN. Ia berharap penghapusan UN bisa diterapkan tahun depan.

“Kalau diterapkan tahun 2021, kita jadi gak ngerasain karena kan sudah lulus. Dimajukan aja tahun depan,” kata Andi. Ia menilai UN malah jadi beban berat bagi siswa.

Alasan Andi lantaran melihat senior-seniornya yang kerap stres. “Waktu SMP aku juga stres mikirin UN. Hapus saja segera,” pintanya, Kamis, 12/Des/2019.

Yuni, siswa Kelas XII SMAN 5 Balikpapan menilai hal sama. Menurutnya UN membuatnya pusing tujuh keliling. Ia beralasan soal-soal UN kerap berbeda dengan materi yang diajarkan di sekolah.

“Kalau kata kakak kelasku soal di UN beda jauh sama yang didapat sekolah. Sudah ikut bimbel juga belum jaminan,” jelasnya. Ia bersama teman-temannya pun menyambut gembira rencana penghapusan UN.

“Tahun depan saja langsung dihapus. Unfaedah UN,” selorohnya sambil tertawa.

Sambutan kebahagiaan terhadap rencana penghapusan UN juga disampaikan salah satu orangtua siswa, Lina.

Warga Strat 3 itu menilai, sebagai orangtua dirinya juga terbawa stres saat anaknya menghadapi UN. “Tahun lalu, anak saya yang tampak sekali stresnya. Saya jadi ikutan stres,” katanya. Untung saja, anaknya tetap lulus.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim berencana menghapus UN. Untuk menggantikannya, ia bakal menerapkan empat inisiatif Merdeka Belajar.

Ada empat perubahan yang digulirkan, di antaranya kebijakan penghapusan Ujian Nasional hingga pelonggaran sistem jalur zonasi sekolah.

“Empat jenis kebijakan ini perubahan yang sangat penting,” kata Nadiem, Rabu, 11/Des/2019.

Empat jenis kebijakan itu, menghapus UN, meniadakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional dengan memberi kebebasan sekolah. Kemudian melonggarkan sistem zonasi dan menyederhanakan dokumen perencanaan belajar.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button