AdvPenajam Paser Utara

UMK PPU Tunggu Sidang Dewan Pengupahan

Begitu hasilnya keluar, Pemerintah PPU segera mengumumkan.

Report: Teguh I Editor: Isnan Rahardi

TIMUR MEDIA – Sampai Selasa 3 November 2020, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Penajam Paser Utara belum memutuskan besaran Upah Minimum Kabupaten untuk tahun 2021. Sebab, masih menunggu hasil ketetapan dari Dewan Pengupahan.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Hubungan Industrial Disnakertrans PPU, Ismail, Selasa. Ia menerangkan, besaran UMK tahun 2021 di kabupaten ini belum bisa dipastikan.

“Besarannya belum dapat diketahui sekarang karena dewan pengupahan belum melakukan pembahasan. Kita tunggu saja hasilnya nanti,” terang Ismail.

Ia menjalaskan dasar pembahasan upah berpedoman pada surat keputusan Kemenakertrans RI serta keputusan Upah Minimum Provinsi Kaltim, yang sampai saat ini belum diterima secara resmi.

“Besaran UMK 2021 di Kabupaten PPU masih menunggu sidang dewan pengupahan, Insya Allah minggu depan baru dapat dilaksanakan,” jelas Ismail. Ia meminta pihak terkait agar bersabar. Begitu pemerintah PPU mengetahui hasil dari Dewan Pengupahan, pihaknya akan segera mengumumkan.

Saat ini pihak Disnakertrans Kabupaten PPU baru melakukan penjajakan ke perusahaan untuk menggali informasi plus minusnya bila UMK dinaikan. “Apakah naik atau tetap, kita juga masih menganalisanya.”

Ismail melanjutkan, “Kami mencari informasi saja. Kalau ada kenaikan begini risikonya, misalnya khwatir efek terburuknya tentu akan terjadi PHK besar-besaran, itu yang kami jaga,” jelasnya.

Menurutnya pembahasan UMK 2021 ditargetkan selesai pada akhir bulan ini. Hasil kesepakatan angka UMK 2021 nanti akan dituangkan dalam surat rekomendasi.

“Surat ini nantinya ditandatangani pimpinan kepala daerah untuk diteruskan ke pemerintah provinsi,” ujarnya. *Adv

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button