Ibu Kota Baru

UEA Mau Bantu Infrastruktur Ibukota Baru

Report: Ryan| Editor: Lina

TIMUR MEDIA – Pemerintah bersama Uni Emirat Arab (UEA) berencana membentuk dana abadi atau sovereign wealth fund (SWF) alias dana abadi.

SWF adalah dana kekayaan negara berupa dana investasi negara dalam aset riil dan keuangan. Semisal, saham, obligasi, real estate, logam mulia, atau dalam investasi alternatif. Di Indonesia dikenal dengan istilah dana abadi.

SWF juga dimaknai sebagai dana abadi yang menjadi alat alat finansial milik negara yang mengatur dana publik. Kemudian menginvestasikannya dalam aset-aset yang luas dan beragam untuk mendapat keuntungan yang lebih besar.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Uni Emirat Arab Husin Bagis, menjelaskan rencananya skema pembiayaan SWF dapat digunakan untuk membangun sejumlah proyek infrastruktur.

Termasuk untuk pembangunan di ibu kota baru di Kaltim. “Rencana akan diarahkan ke sana (ibu kota baru) mungkin akan dibentuk dulu SWF bersama, nah dari sana bisa saja untuk Kalimantan (ibu kota baru),” jelas Husin, dilansir Detik, Senin 6/Jan/2020.

Rencananya dana abadi ini akan dibentuk bersama Abu Dhabi Investment Authority (ADIA).

“Dibentuk bersama dulu baru, dari situ baru diarahkan ke lain-lain,” tegasnya.

Dalam penerimaan proposal pembentukan dana abadi sebelumnya, keduanya sepakat untuk menyalurkan dana abadi yang diperoleh nantinya kepada beberapa proyek infrastruktur.

Seperti properti, real estate, termasuk pengembangan destinasi wisata dan proyek-proyek swasta lainnya.

Lalu, menjadikan Indonesian Sovereign Wealth Fund ini sebagai pooling dana investasi dari berbagai negara, termasuk UEA. Namun Husin belum merinci kapan dan berapa dana yang dikucurkan untuk infrastruktur ibu kota baru.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button