Internasional

UEA Akan Investasi ke Indonesia

Report: Maya I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Uni Emirat Arab akan melakukan investasi ke Indonesia. Pangeran Mohamed bin Zayed Al Nahyan memerintahkan pemerintahannya agar berinvestasi ke Lembaga Pengelola Investasi  Indonesia.

Kantor berita UEA, Emirates News Agency melaporkan investasi ini akan fokus ke pelbagai sektor strategis di Indonesia. Seperti infrastruktur, jalan, pelabuhan, pariwisata, pertanian dan sektor-sektor lain yang berpotensi meningkatkan pertumbuhan baik ekonomi maupun sosial.

Bulan lalu Jokowi mengumumkan anggota dewan pengawas dan direksi lembaga yang lahir dari amanat UU Ciptaker itu. LPI  digadang-gadang sebagai titik balik tata kelola dan pengembangan sistem investasi di Indonesia.

Lembaga ini bertujuan melaksanakan proyek-proyek strategis yang mendukung pembangunan nasional seperti pembangunan infstruktur dan konstruksi ibukota baru di Kalimantan.

Kedua negara juga menandatangani sejumlah kesepakatan dan kerjasama. Terutama yang berkaitan dengan pelabuhan, logistik, industri pertahanan dan strategis, energi, pariwisata dan ekonomi kreatif serta pertanian di Pekan UEA-Indonesia 2021.

Di bidang perdagangan dan ekonomi kerjasama kedua negara meningkat pesat. Volume perdagangan UEA-Indonesia mencapai 3,7 miliar dolar AS.

UEA dan Indonesia memiliki hubungan kuat di bidang ekonomi, budaya dan politik. Hubungan diplomasi kedua negara dimulai sejak tahun 1976 dengan dibukanya Kedutaan Besar Indonesia di Abu Dhabi pada 28 Oktober 1978.

Kedutaan Besar UEA di Jakarta dibuka pada tahun 1991 setelah kunjung bersejaraH Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan pada tahun 1990. Beberapa tahun terakhir hubungan dua negara mengalami peningkatan pesat dengan semakin seringnya pejabat tinggi pemerintah masing-masing saling mengunjungi.

Terakhir kali Jokowi mengunjungi UEA September 2015, adapun Shyeikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan berkunjung ke Indonesia pada Juli 2019.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button