NEWS

Tunjungan Plaza Terbakar

Report: Ryan I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Tunjungan Plaza Surabaya mengalamai kebakaran hebat. Api membesar di bagian atas gedung mal di Surabaya itu, dan terus merambat ke bawahnya. Api terlihat berkobar diiringi kepulan asap yang membumbung tinggi.

Pusat perbelanjaan yang dikenal dengan TP ini, mengalami kebakaran pada Rabu 13 April 2022 sore.

Pusat perbelanjaan itu terletak di kawasan superblok Tunjungan Plaza di Jalan Embong. Tunjungan Plaza terdiri dari 6 blok, dari TP 1 hingga TP 6, terintegrasi dengan Hotel Four Point dan Hotel Sheraton. Petugas menyebut, kebakaran berasal dari TP 5. Kebakaran terjadi sekitar pukul 17.50 WIB.

Kobaran api mulai mereda usai 10 unit mobil pemadam kebakaran diturunkan ke lokasi.  “10 unit kami luncurkan + 3 unit Bronto Skylift,” ujar Amir, petugas command center 112, dikutip dari Detik, Rabu. PT Pakuwon Jati Tbk, menegaskan insiden kebakaran di gedung Tunjungan Plaza 5 Surabaya tidak berdampak pada kelangsungan operasional pusat perbelanjaan itu.

Director and Corporate Secretary PT Pakuwon Jati Minarto Basuki mengatakan kebakaran di kawasan Tunjungan Plaza 5 itu telah dapat dipadamkan dengan cepat. Meski begitu, timnya belum mengetahui pasti penyebab dan titik asal kobaran api yang melahap sebagian lokasi gedung mal itu.

“Tim kami masih melakukan investigasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebab dan titik asal kebakaran. Tapi dapat dipastikan bukan berasal dari lokasi operasional tenant di Tunjungan Plaza 5,” ujar Minarto, dilansir Bisnis. Dari video yang banyak beredar di sosial media, api terlihat cukup besar dan melahap bangunan gedung Tunjungan Plaza 5.

Ribuan pengunjung berhamburan keluar gedung dan pengguna jalan tampak memenuhi jalan untuk melihat kejadian itu.

Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Teddy Chandra mengatakan kendaraan dari Jalan Basuki Rahmat yang menuju Embiong Malang dialihkan ke Jalan Gubernur Suryo depan Gedung Negara Grahadi. “Kita arahkan ke Jalan Gubernur Suryo Grahadi,” kata Teddy. Arus lalu lintas dari Basuki Rahmat lainnya juga diarahkan menuju Tegalsari. Hal ini untuk menghindari penumpukan kendaraan.

Sejarah Tunjungan Plaza

Dikutip dari situs resminya, Pakuwon Group telah didirkan sejak tahun 1982. Sudah 40 tahun berdiri, Pakuwon telah menjadi salah satu pengembang tersukses di Indonesia. Proyek-proyek yang ditangani Pakuwon tak hanya meliputi ritel, namun juga kawasan residensial, komersial, dan perhotelan.

Pakuwon Group juga pelopor konsep superblok di Indonesia. Yakni kawasan perpaduan antara pusat perbelanjaan ritel, perkantoran, kondominium dan hotel. Kesuksesan perusahaan tak lepas dari tangan dingin sang owner, Alexander Tedja. Ia juga tercatat dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Tunjungan Plaza bagian landmark kota Surabaya dan pusat perbelanjaan yang paling banyak dikunjungi di Jawa Timur. Diperkirakan jumlah pengunjungnya mencapai 26 juta pengunjung per tahun. Kawasan superblock ini dikembangkan dan dimiliki perusahaan properti ternama di Indonesia, Pakuwon Grup.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button