Bencana Alam

Tujuh Gempa Guncang Indonesia

Report: Janu I Editor: Isnan Rahardi

TIMUR MEDIA – Membuka awal tahun 2021, Indonesia mengalami banyak bencana. Sampai 10 Januari, menurut data BNPB, tercatat ada 76 bencana. Dari banjir, longsor, puting beliung, sampai abrasi.

Dan hari ini, Kamis 14 Januari, data BMKG mencatat ada tujuh gempa mengguncang Indonesia. Tujuh peristiwa gempa ini terjadi di beberapa wilayah.

Empat dari tujuh gempa ini terjadi di Sulawesi, yakni di Kepulauan Banggai, Sulawesi Tengah; di Morowali Utara, Sulawesi Tengah; di Majene, Sulawesi Barat; dan di Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Guncangan akibat rilis energi dari pergerakan lempeng Bumi masing-masing terjadi pada pukul 10.58, 12.57, 13.35, 15.35 WIB. Tiga gempa lainnya tersebar di Tobelo, Halmahera Utara, Maluku Utara; Kebumen, Jawa Tengah; dan Ruteng, Manggarai, NTT. Masing-masing tercatat terjadi pada pukul 00.36, 07.03, dan 10.58 WIB.

Di antara tujuh gempa itu, yang terkuat terukur 5,9 Magnitudo di Majene, Sulawesi. Intensitas gempa darat dengan kedalaman 10 kilometer itu dirasa hingga skala VI MMI di wilayah Polewali. Skala itu setara ilustrasi getaran gempa yang dirasakan semua penduduk.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, lewat keterangan tertulisnya menjelaskan banyak warga lari berhamburan ke luar rumah karena terkejut guncangan kuat. Guncangan itu terjadi secara tiba-tiba.,

Dilaporkan Antara, gempa menyebabkan tebing longsor di Majene. Di Mamuju, kepanikan sempat melanda pasien rawat inap di RS Manakkarra dan RSUD Regional Sulawesi Barat. Mereka dan keluarganya berhamburan ke luar dan hingga petangnya masih menolak kembali ke dalam karena trauma.

Intensitas gempa lainnya terukur pada skala II-III MMI atau tergolong lemah, maksimal dirasakan di dalam rumah seakan ada truk yang sedang melintas. Kekuatannya terukur bervariasi mulai dari 3,0 sampai 5,0 Magnitudo. Termasuk yang di Majene, seluruh gempa kali ini memiliki kedalaman sumber seragam yakni 10 kilometer atau tergolong dangkal, kecuali gempa di Manggarai, NTT, 11 kilometer.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button