AdvDPRD Balikpapan

Tugu 13 November Disorot Veteran Balikpapan

Bangunan bersejarah itu dinilai dibangun seperti kandang ayam.

Report: Taufik Hidayat I Editor: Abi Kurniawan

TIMUR MEDIA – Parlemen Balikpapan Komisi IV melaksanakan RDP, rapat dengar pendapat terkait cagar budaya dan benda peninggalan sejarah Balikpapan. RDP dihelat bersama anggota TNI, Dinas Pariwisata dan Veteran Balikpapan, yang dihadiri Ketua Angkatan 45 Cabang Balikpapan, Rabu 25 November 2020.

Ketua Angkatan 45 Cabang Balikpapan, Abdul Razak, mengeluhkan perihal bangunan bersejarah Tugu 13 November yang dipindahkan lokasinya. Sebelumnya terletak di dekat pintu 5 Pertamina, lalu dipindahkan ke Balai Gembira.

“Kami punya dokumen yang disahkan Pak Amin atau Ketua Dewan Harian Daerah dan itu ditentukan oleh ketuanya sendiri,” ingatnya.

RDP Komisi IV Parlemen Balikpapan dengan Veteran dan sejumlah pihak. (TM)

Abdul Razak menilai bangunannya sangat berbeda dengan sebelumnya. “Harapan saya bangunannya seperti ini (aslinya),” ujar Abdul Razak, dengan menunjukkan gambar bangunan pertama kali.

Ia juga menyoroti desin yang dinilai kurang menghargai pengorbanan pahlawan dan sejarah dibangunnya tugu itu. “Masa tempat perjuangan bangsa dibuat asal asalan, seperti kandang ayam,” kesalnya.

Tak hanya soal Tugu 13 November. Terkait monument, yang juga menjadi simbol dan tempat bersejarah juga dinilainya kurang perhatian. Ia mengingatkan, “Agar tempat bersejarah dibangun yang layak. Kami juga berharap bangunan monumen tetap bisa menjadi icon Balikpapan.”

Anggota DPRD Komisi IV Iwan Wahyudi Fadliannor, menanggapi persoalan ini. Ia sepakat dengan apa yang diutarakan HDC 45 Balikpapan. “Cagar budaya dan peninggalan sejarah harus dilestarikan agar tidak terlupakan perkembangan zaman. Ini perlu dibuat perda untuk menjaganya,” ujar Iwan.

Menurutnya Perda tentang Cagar Budaya dianggap penting. Terlebih melihat situasi terkini yang dinilainya nyaris tidak ada lagi kepedulian makna sejarah yang terkandung dan tersimpan di Balikpapan.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button