Internasional

Trump Tolak Kemenangan Biden

Trump mengklaim kemenangan dirinya dan mengaku dicurangi Biden.

Report: Maya I Editor: Abi K

TIMUR MEDIA – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, kembali melontarkan klaim jika dirinya memenangkan pilpres AS 2020. Trump menolak menerima kemenangan Presiden terpilih AS, Joe Biden, meski proses transisi kekuasaan telah dimulai.

“Ini pemilihan yang kita menangkan dengan mudah. Kita menang banyak,” papar Trump mendeklarasikan kemenangannya dalam acara yang digelar Partai Republik, dilansir Associated Press, Kamis 26 November 2020.

Acara itu digelar untuk menyelidiki tuduhan kecurangan pilpres. Dengan berbicara via telepon, Trump tetap dihadirkan dalam acara itu dan sempat berbicara selama 11 menit kepada mereka yang hadir.

“Pemilihan ini dicurangi. Dan kita tidak bisa membiarkan itu terjadi. Kita tidak bisa membiarkannya terjadi untuk negara kita. Dan pemilihan ini harus diputarbalikkan karena kita memenangkan Pennsylvania dengan banyak selisih dan kita memenangkan seluruh swing states secara besar,” ujar Trump merujuk perolehan suaranya.

Acara di Pennsylvania itu menjadi upaya terbaru dari Trump dan pengacaranya, Rudy Giuliani, untuk menyebarkan keraguan pada hasil pilpres AS 2020, bahkan saat proses transisi kekuasaan telah dimulai dan semakin banyak politikus Partai Republik yang mengakui Biden sebagai Presiden terpilih AS.

Pada Rabu (25/11) waktu setempat, kubu Trump juga meminta Pengadilan Banding Sirkuit ke-3 AS untuk memberi kesempatan pada Giuliani menyampaikan argumen verbal dalam permohonan banding atas gugatan terkait penghitungan suara di Pennsylvania.

Pengadilan banding belum menjatuhkan putusannya. “Kita harus membalikkan pemilihan karena tidak diragukan lagi kita memiliki semua bukti. Kita memiliki semua pernyataan tertulis. Kita memiliki segalanya. Yang kita butuhkan hanya meminta hakim mendengarkan tanpa memiliki opini politik,” tegas Trump.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button