Internasional

Trump Tetap Gugat Hasil Pilpres

Meski nanti meninggalkan Gedung Putih, Trum tetap akan menggugat.

Report: Maya I Editor: Agung

TIMUR MEDIA – ┬áPresiden Amerika Serikat, Donald Trump mempertanyakan apakah Mahkamah Agung bakal mendengar kasus yang diajukan ihwal kecurangan dalam pemilihan presiden. Sedangkan Presiden terpilih Joe Biden telah mengumumkan nama-nama orang yang akan duduk di pemerintahannya.

“Masalahnya sulit membawa kasus ini sampai ke Mahkamah Agung,” ujar Trump, dalam kutipan wawancara di televisi Fox News, Minggu 30 November 2020.

Kendati sulit, ia tetap akan menggugat hasil pemilihan meski kelak terpaksa meninggalkan Gedung Putih. “Saya tidak akan berubah dalam enam bulan,” ujarnya.

Meski Trump tetap berambisi mengajukan gugatan hukum hasil pemilihan 3 November, pernyataan itu dinilai sebuah kepasrahan tentang fakta Biden akan menggantikannya pada 20 Januari 2021.

Terlebih pihak kuasa hukum Trump kembali mendapat pukulan telak usai penghitungan suara di dua county terbesar Wisconsin yang mengonfirmasi kemenangan rivalnya, Biden.

Pengacara tim kampanye Trump, Jenna Ellis, mengatakan penghitungan ulang mengungkap masalah serius mengenai legalitas suara. Tapi, pernyataan Ellis tersebut juga tidak disertai bukti yang jelas.

Sebaliknya, Tim kampanye Biden mengklaim hasil penghitungan suara di Wisconsin dinilai hanya menegaskan kembali kemenangan Biden. Mereka juga memuji petugas pemungutan suara yang sudah bekerja keras. Biden sendiri telah mengumumkan nama-nama yang akan mengisi kabinetnya.

Biden, menurut laporan Surat kabar AS Wall Street Journal, mencalonkan eksekutif think tank Center for American Progress Neera Tanden sebagai direktur Kantor Manajemen dan Anggaran. Adapun ekonom Cecilia Rouse sebagai ketua Dewan Penasihat Ekonomi.

Biden juga mengumumkan nama-nama yang mengisi tim komunikasinya yang seluruhnya diisi wanita. Mantan juru bicara Kementerian Luar Negeri Jen Psaki ditunjuk sebagai sekretaris pers Gedung Putih dan juru bicara kampanye Biden, Kate Bedingfield, ditunjuk sebagai direktur komunikasi.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button