Internasional

Trump Bakal Tutup Konsulat Cina

Di seluruh AS, ada lima konsulat Cina.

Report: Maya I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengindikasikan penutupan misi diplomatik China di negara itu. Hal tersebut disampaikan Trump setelah AS memberi waktu 72 jam ke Cina untuk menutup konsulatnya di Houston, Texas, pekan ini.

Rencana itu, disampaikan Trump saat ditanya wartawan ihwal rencana penutupan konsulat lain atau kedutaan China di AS usai perintah penutupan di Houston, sebagaimana dikutip dari Associated Press, Kamis  23 Juli 2020. “Menutup kedutaan, itu selalu mungkin, Anda lihat apa yang akan terjadi,” tegas Trump.

Di seluruh AS, ada lima Konsulat Cina dan satu Kedutaan Besar di Washington DC. Dalam pernyataan, juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Morgan Ortagus, menyatakan AS memerintahkan penutupan Konsulat Cina di Houston berdalih melindungi properti intelektual Amerika dan informasi privat Amerika. Kendati begitu, ia tidak menjelaskan lebih lanjut pernyataannya.

Namun Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, mengatakan keputusan penutupan Konsulat Cina di Houston lantaran Cina dinilai telah mencuri kekayaan intelektual. Pompeo menganggap Partai Komunis Cina mencuri tak hanya kekayaan intelektual Amerika tapi juga kekayaan intelektual Eropa yang menyebabkan ratusan ribu orang kehilangan pekerjaan.

“Kami menekankan ekspektasi bagaimana Partai Komunis China akan bersikap,” ujar Pompeo. Pompeo kembali menekankan, “Jika mereka tidak memenuhi ekspektasi itu, kami akan mengambil tindakan melindungi rakyat Amerika, melindungi keamanan nasional kami, dan juga melindungi ekonomi kami,” katanya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button