Balikpapan

TPA Manggar Disanjung Jokowi

Report: Janu| Editor: Abi K

TIMUR MEDIA – Presiden Jokowi memberi sanjungan kepada Pemkot Balikpapan atas pengelolaan sampah di tempat pembuangan akhir Manggar, Balikpapan Timur.

Sebab telah berhasil menerapkan system sanitari landfill, yakni memanfaatkan gas metan untuk kebutuhan rumah tangga warga sekitar.

Demikian dikemukakan Presiden usai meresmikan TPA Manggar Balikpapan Timur dan Waduk Tritip, Rabu, 18/Des/2019. Jokowi juga kagum dan memberi sanjungan terhadap pengelolaan TPA Manggar.

TPA Manggar, menurut Jokowi, pengelolaannya patut diacungi jempol lantaran tidak berbau, berwarna, bersih, dan biaya pembangunan tidak terlalu tinggi. Yaitu, sekitar Rp160 miliar.

“Kalau di tempat lain dengan proses pembakaran, generator jadi listrik,” ujarnya.

Kakek dari Jan Ethes itu menilai Balikpapan memiliki TPA yang sudah bagus. Bahkan patut menjadi pilot project.

“Saya minta tempat pemprosesan akhir di Balikpapan jadi role model, jadi contoh. Supaya persoalan sampah di Indonesia bisa tertanggulangi,” ujar Jokowi.

Apalagi, sambung Presiden, “Target kita 2020 betul-betul penataan sampah bisa lebih baik dalam mendukung Indonesia Bersih.”

Jokowi mengatakan ada 10 kota yang diberikan prioritas dalam pengelolaan sampah. “Rata-rata semua menjadikan sampah menjadi listrik, cuma belum ada. Tapi mungkin akhir tahun sudah ada,” ujarnya.

Untuk menjadikan TPA Manggar lebih baik lagi, Jokowi pun menyarankan agar pemrosesan dimulai dari tiap rumah. “Jadi tidak semua dibuang di TPA,” saran Presiden.

Jokowi lantas mendapat keterangan dari Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, jika sampah rumah tangga di Balikpapan baru sekitar 20 persen telah diproses masyarakat. Sehingga mengurangi sampah yang dibuang di TPA.

Di TPA Manggar, Jokowi juga menyaksikan penyerahan hibah kendaraan berat. Berupa tiga eskavator dan satu buldoser dari Menteri PU-Pera kepada Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.

Pemberian hibah ini sebagai bentuk apresiasi pada Pemkot yang telah mengurangi sampah di TPA melalui mekanisme bank sampah dan pnerapan system sanitary landfill.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button