Kaltim

Tol Bontang-Samarinda Masuk Proyek Prioritas

Report: Maya I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menjelaskan, sesuai Perpres No 56 tahun 2018 dan Surat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada 18 Maret 2020 lalu tentang Proyek Strategis Nasional (PSN) terdapat 64 ruas jalan tol yang masuk dalam kategori PSN.

Hedy merinci, dari 64 ruas jalan tol, 14 ruas sudah beroperasi penuh, 10 ruas beroperasi sebagian, 26 ruas masih dalam konstruksi atau pengadaan lahan dan 14 ruas masuk dalam perencanaan. Adapun untuk 14 ruas yang masuk dalam perencanaan ada satu ruas yang akan dikeluarkan dari PSN.

“Satu ruas yang dikeluarkan yaitu Palembang-Tanjung Api-Api,” jelas Hedy saat konferensi pers Proyek Strategis Nasional Tahun 2020, baru-baru ini. Namun, lanjut Hedy, ada sembilan usulan ruas jalan tol untuk masuk dalam PSN.

Daftar Proyek Strategis Nasional. Data diolah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Dari ke sembilan ruas usulan, lima ruas ini termasuk ruas baru. Diantaranya Samarinda-Bontang, Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, Akses Pelabuhan Patimban, Semarang Harbour Toll Road, dan ruas Maros-Sungguminasa-Takalar.

Sedangkan empat ruas usulan, menjadi penambahan lingkup PSN sebelumnya. Empat ruas itu, ruas tol Ngawi-Kertosono-Kediri, Bogor Ring Road, Depok-Antasari, Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo.

Hedy menjelaskan tambahan-tambahan usulan ruas baru memang beberapa ruas sudah masuk dalam masterplan, namun baru diinisiasi. Seperti ruas Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap disebut Hedy sudah lama direncanakan tapi baru akan diinisiasi awal tahun depan.

Begitupun usulan ruas Solo-Yogya-NYIA Kulonprogo. Ini memang timing-nya saja, baru sekarang berjalan maka baru sekarang kita masukkan,” terangnya. Adapun satu ruas yang akan dikeluarkan dari PSN yaitu Palembang-Tanjung Api-Api lantaran belum ada kejelasan mengenai kapan pelabuhan Tanjung Api-Api akan mulai dibangun.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button