Kaltim

Tol Balsam Bakal Terapkan Uang Digital

Report: Hendra| Editor: Abi K

TIMUR MEDIA – MESKI tol Balsam atau Balikpapan – Samarinda belum dioperasikan, namun nantinya pembayarannya menggunakan uang digital.

Uji coba pembayaran uang digital di tol Balsam telah dilakukan sejumlah bank di Kaltim.

Kepala Divisi Sistem Pembayaran, Peredaran Uang Rupiah, dan Layanan Administrasi KPw BI Kaltim, Yudhistira memastikan perbankan pelat merah di Kaltim sudah siap melayani pembayaran jalan tol Balsam dengan metode uang digital.

Beberapa bank tersebut yakni BCA, BNI, BRI, Mandiri, dan BTN. Uji coba dilakukan karena hal tersebut dinilai penting. Menyusul waktu peresmian yang akan dilakukan sebelum Natal dan Tahun Baru.

Yudhistira berujar pihak BI Kaltin bersama perbankan yang memiliki produk uang digital telah melalukan uji coba di Pintu Tol Palaran. Nantinya para pengguna tol bebas memilih layanan pembayaran dari sejumlah bank di Kaltim.

Ia merinci, untuk BRI bisa menggunakan kartu Brizzi, BNI (Tapcash), BCA (Flazz), Mandiri (e-Money), dan BTN (Blink).

“Uji coba dilakukan untuk memastikan kesiapan operasional jalan tol pertama di Kalimantan ini,” ujarnya.

Tol Balsam membentang sepanjang 99,3 kilometer, yang terdiri Seksi I-V. Untuk Seksi II-IV rencananya akan diresmikan pertengahan bulan ini.

Seksi II-IV memiliki panjang sekitar 66 km. Sedangkan sisanya masih dalam proses finishing. Rencananya seluruh bahu jalan tol ini akan beroperasi total pada Maret 2020.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button