Kaltim

Tol Balikpapan Masih Digratiskan

Timur Media

Peresmian tol Balikpapan-Samarinda. (dok)

TimurMedia.com:

Report: Roby| Editor: Abi K

TIMUR MEDIA – Pemprov Kaltim membantah informasi diberlakukannya tarif tol Balikpapan-Samarinda. Sampai saat ini, tol pertama di Kalimantan itu masih digratiskan.

Pemberlakukan tarif menunggu keputusan resmi dari Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Demikian diutarakan
Kepala Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim, Syafranuddin.

Ia memastikan tol Balikpapan masih gratis. Sampai kini pihaknya juga belum mendapat informasi resmi kapan pemberlakuan tarif dimulai.

“Yang kami tahu, sampai sekarang pengguna jalan tol masih gratis. Belum ada informasi resmi pemberlakukan tarif,” tegasnya. Bahkan besaran tarif tol juga belum ditetapkan.

Pihaknya hanya mendapat resmi dari PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS), jika besaran tarif tol masih dalam tahap perbincangan Badan Pengatur Jalan Tol.

Ia mengungkap besaran tarif masih dibahas di BPJT Direktorat Jendral Bina Marga dengan Kementerian PUPR. Syafranuddin sendiri belum mengetahui apakah bahasan itu sudah final atau belum.

“Belum ada informasi resmi pemberlakukan tarif dan besarannya. Saya juga tidak tahu darimana informasi tol sudah berbayar,” ujarnya.

Ia menekankan, “Besaran tarifnya saja belum dipastikan. Sebab, memang belum ada informasi dari pihak manapun.”

Ia sendiri tak mengetahui dari mana sumber resmi tentang beredarnya informasi tol Balikpapan-Samarinda sudah berbayar.

“Katanya kendaraan yang mau melintasi tol sudah harus berbayar. Saya juga bingung informasi ini kok beredar di masyarakat. Bahkan sudah ada besaran tarifnya,” herannya.

Untuk itu Syafranuddin meminta agar masyarakat tak menelan mentah-mentah berita yang berseliweran tanpa sumber resmi.

Jika nantinya sudah ada informasi resmi penetapan tol, Pemprov Kaltim akan segera merilisnya.

“Nanti informasi resmi tentang tol kami informasikan melalui media sosial resmi Pemprov Kaltim,” tegasnya.

Direktur Utama PT JBS, Saragih menegaskan pemberitaan adanya tarif tol yang dikeluarkan oleh PT JBS tidak benar. Sampai saat ini pihaknya belum merilis informasi terkait tol Kalimantan.

“Kami belum dapat SK Kementerian PUPR. Jadi sampai sekarant tarif tol belum diberlakukan,” tegasnya. Ia memastikan jalan tol Balikpapan masih digratiskan.

Kabar yang beredar, tol Kalimantan sudah memberlakukan tarif per 6 Januari 2020. Kabar itu mencuat di sosial media dan pemberitaan yang merilis informasi dari Dinas PUPR Kaltim.

Most Popular

To Top