Balikpapan

Tol Balikpapan Dibuka Gratis

Report: Janu| Editor: Doni

TIMUR MEDIA – Tol Balikpapan-Samarinda, dibuka untuk umum terhitung mulai Kamis, 19/Des/2109. Ruas tol pertama di Kalimantan ini diberlakukan gratis untuk sementara waktu.

“Batas waktu gratis kebijakan yang kami terima dari PUPR, selama periode Nataru masih di gratiskan,” ujar Direktur Operasi PT Jasamarga Tollroad Operator Yoga Tri Anggoro.

Tetapi, Yoga tidak menyebut sampai kapan batas bebas biaya itu berlaku. Jasamarga masih menunggu keputusan dari kementerian terkait.

“Kapan mulai berbayarnya, kami masih menunggu kebijakan dari Kementrian PU-Pera,” katanya. Ujicoba gratis tersebut dilakukan sebagai upaya sosialisasi bagi calon penguna ruas jalan tol itu.

Dalam masa sosialisasi pengguna tol diharapkan bisa mengetahui cara masuk ke jalan tol, sistem pembayaran dan rambu-rambu jalan tol.

Yoga juga mengingatkan batas kecepatan kendaraan selama melintas di jalan tol Balikpapan-Samarinda ini. Yakni maksimal 70 km per jam.

Jika nantinya tarif sudah diberlakukan, Yoga juga mengingatkan jika sistem pembayaran tol menggunakan uang elektronik. Untuk menggunakan tol Balikpapan-Samarinda ini tidak disediakan layanan uang tunai.

“Jadi, selama sosialisasi kita harapkan masyarakat sudah memiliki kartu tol elektronik. Di gerbang tol kami tidak melayani pembayaran tunai,” jelasnya. Ia meminta masyarakat untuk memiliki kartu elektronik agar dalam transaksi di gerbang tol tidak mengalami masalah.

Kartu tol elektronik tersebut, ujarnya, bisa diperoleh di sejumlah bank, seperti BNI, BRI, Bank Mandiri dan BCA.

“Kita sudah bekerjasama dengan Bank Indonesia dengan melibatkan sejumlah bank yakni Bank Mandiri, BTN, BRI, BCA dan BNI,” terang Yoga.

Direktur Keuangan dan Administrasi PT Jasamarga Balikpapan Samarinda Andik Supriyatno menambahkan, jika nantinya tarif diberlakukan besarannya kemungkinan Rp 1.000 per kilometer.

“Tarif tol dari gerbang tol Samboja hingga Palaran yang nantinya diberlakukan sekitar Rp70 ribuan dengan jarak sepanjang 68 kilometer atau perkilometernya Rp1000 lebih dikit,” ujar Andik.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button