Balikpapan

Tilang Elektronik Dimulai April

Hal ini menjadi salah satu program Kapolri baru, Jenderal Listyo.

Report: Taufik Hidayat I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Polda Kaltim akan mulai menerapkan tilang elektronik yang mulai diujicobakan pada April 2021. Hal itu diutarakan Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Singgamata.

Ia menjelaskan, tahap awal akan dilakukan pemasangan CCTV di sejumlah titik. Yakni, di Simpang Plaza Balikpapan, Jalan Jenderal Sudirman, Tuga Beruang Madu, dan Lapangan Merdeka. Nantinya dipasang enam kamera di tiga titik dan 10 kamera monitoring.

“Ini bagian dari 100 hari program kerja Kapolri baru, mulai ujicoba April 2021,” ujar Singgamata, Senin 22 Februari 2021. Sebagai lokasi percontohan penerapan awal tilang elektronik, di Jalan Jenderal Sudirman.

Di sana, lanjut Singgamata, rencananya kamera yang dipasang otomatis merekam dan menangkap (chapture) plat nomor kendaraan yang terbukti melanggar lalu lintas. Selanjutnya, pengendara yang melanggar diberi waktu lima hari untuk melakukan konfirmasi.

“Jika tidak merespon, secara otomatis akan dilakukan pemblokiran STNK. Jadi ini untuk meningkatkan kesadaran para pengendara agar bisa tertib lalu lintas,” ujarnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button