Ibu Kota Baru

Tiga Kementerian Bakal Pindah Duluan

Reporter: Ryan I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Sejumlah instansi pemerintah wajib pindah jika ibu kota negara di Kaltim, resmi pindah. Ada tiga kementerian yang direncanakan untuk pindah terlebih dahulu.

Staf Ahli Kepala Bappenas Bidang Sektor Unggulan dan Infrastruktur, Velix Vernando Wangai mengungkap, pemindahan IKN pada tahap awal akan dimulai Semester I – 2024.

Ia merinci, tiga kementerian yang akan dipindah lebih dahulu yakni Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertahanan, dan Kementerian Luar Negeri.

Pemindahan ketiga kementerian ini dilakukan paling awal lantaran lembaga itu dianggap paling penting dalam mendukung berjalannya pemerintahan.

Pemindahan dilakukan bersamaan dengan sumber daya manusia atau PNS nya.

“Dalam konteks tahap paling awal ini, jika kantor presiden dan wapres ini pindah sebelum 2024, beberapa kementerian seperti Kemendagri, Kemenkeu dan Kementerian Pertahanan itu minimal strategic public office yang akan pindah,” ujarnya saat melakukan konsultasi publik yang ditayangkan di Youtube, dikutip Senin, 31 Januari 2022.

Ia menjelaskan untuk pemindahan Kementerian Keuangan akan dilakukan bertahap. Tahap pertama berlangsung pada 2024, kedua dilakukan di rentang 2024 – 2029. Dengan pertimbangan kementerian dan lembaga terkait memiliki kebutuhan dukungan kebijakan pemerintah pusat.

Kementerian lain, katanya, juga dipertimbangkan. Terutama yang berkaitan dengan dukungan terhadap kebijakan negara. “Kemenkeu adalah kementerian besar, begitu juga SDM nya. Sehingga pengaturan Kemenkeu akan diatur bertahap dalam strategi perpindahan ASN,” ujar Velix.

Instansi lainnya akan mengikuti setelah 2024 sampai 2029 yang disebutkan sebagai tahap kedua.

“Jadi ada strategi perpindahan kelembagaan yang bersifat substansial dan esensial,” jelasnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button