Nasional

Tidak Ada Warga Kaltim Positif Korona

Report: Robbi| Editor: Faisal

TIMUR MEDIA – Sampai saat ini, Kaltim masih aman dari virus korona. Dari laporan suspek yang masuk, belum satu pun di 10 kota/kabupaten Kaltim yang terkonfirmasi positif korona.

Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Andi M Ishak, memang ada 11 laporan terduga dari beberapa daerah di provinsi ini. Namun setelah dilakukan pemeriksaan tidak ada satu pun yang positif mengidap virus korona.

Menurutnya meski negatif, Pemprov Kaltim memastikan akan tetap memantau kondisi seluruh pasien.

“Sejauh ini dari 11 laporan kasus Covid-19, ada delapan kasus dalam pengawasan, dua kasus dalam pemantauan dan satu discharded,” jelas Andi Ishak, Kamis 5 Maret 2020.

Ia menekankan hal ini sangat penting disampaikan ke masyarakat. “Karena banyak beredar di sosial media informasi tidak akurat yang menyebut korona sudah menjangkiti beberapa daerah di Kaltim.”

Padahal, sambung Andi, “Sampai saat ini, belum ada satu pun warga terpapar korona di Kaltim. Konfirmasinya semua negatif,” tegasnya.

Ia merinci, laporan suspek korona pertama di Kaltim masuk dari Berau pada 30 Januari 2020 lalu. Dua WNA asal India dirawat di Rumah Sakit Abdul Rivai Tanjung Redeb, Berau.

“Namun setelah dilakukan pemeriksaan sesuai pedoman kewaspadaan penyakit Covid 19, keduanya dinyatakan bukan terinfeksi Covid 19,” tegasnya.

Andi mengatakan, laporan serupa menyusul pada hari-hari berikutnya dari Balikpapan, Kutai Kartanegara, Samarinda dan Kutai Timur. Totalnya ada 11 laporan terduga korona.

“Dari 11 kasus yang dilaporkan, baik suspect pemantauan maupun pengawasan, hingga saat ini belum ada satu pun yang terkonfirmasi sebagai korona,” ujar Andi.

Ia mengakui para terduga itu gejalanya seperti korona. “Namun sesungguhnya itu gejala penyakit biasa,” katanya.

Sampai saat ini, pihaknya masih menanti lima konfirmasi hasil laboratorium dari Balitbangkes Kementerian Kesehatan di Jakarta. Yakni empat dari Balikpapan dan satu dari Berau.

“Enam hasil lab yang sudah kami terima, semuanya negatif. Jadi tidak benar kalau dikatakan sudah ada korban korona di Kaltim,” tegas Andi Ishak.

Diberitakan sebelumnya Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, memastikan hasil laboratorium telah keluar. Ia mengungkapkan hasil tes dari empat warga yang suspek korona, dua di antara empat pasien dinyatakan negatif.

Lantaran itu, Rizal meminta masyarakat tidak panik. Dari laporan Lab Kementerian Kesehatan, dua orang ini hanya mengalami flu biasa. “Hanya infeksi saluran pernafasan saja (ISPA),” jelasnya. Ia memastikan hasil labnya negatif.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close