InternasionalPeristiwa

Tega Suami Penggal Kepala Istri

Report: Maya I Editor: Janu

TIMUR MEDIA – Sebuah video mengerikan viral di media sosial. Video itu menampilkan aksi seorang pria di Iran yang menenteng kepala istrinya. Pria itu diduga emosi saat mengetahui istrinya berselingkuh.

AFP melaporkan, korban bernama Mona Heidari (17). Polisi menduga Mona dibunuh suami dan saudara iparnya di Ahvaz, dikutip dari kantor berita Iran, ISNA.

Usai polisi melakukan penyelidikan, kedua pelaku ditangkap di tempat persembunyiannya.

Pemerintah Iran telah menutup situs web berita Rokna. Alasannya karena menayangkan aksi pembunuh menenteng kepala Mona di jalanan. Video itu dinilai mengusik masyarakat secara psikologis.

Terkait

Kasus ini sangat menghebohkan Iran. Bahkan, Wakil presiden Iran untuk urusan perempuan, Ensieh Khazali, mendesak parlemen dan pihak berwenang meningkatkan kesadaran untuk mencegah kasus serupa terulang di kemudian hari.

“Seorang manusia dipenggal, kepalanya ditampilkan di jalan-jalan dan pembunuhnya bangga,” ujar Harian Iran, Sazandegi, dikutip AFP, Sabtu 12 Februari 2022.

Khazali mempertanyakan, “Bagaimana kita bisa menerima tragedi seperti itu? Kita harus bertindak agar femisida tidak terjadi lagi.”

Setelah kasus pembunuhan sadis ini, seruan mereformasi undang-undang perlindungan perempuan dari kekerasan rumah tangga semakin gencar. Pemerintah Iran juga diminta menaikkan batas usia legal menikah. Saat ini wanita usia 13 tahun di Iran sudah diberi izin menikah.

Sang korban, Mona, disebut baru berusia 12 tahun saat ia menikah. Ia memiliki putra berusia 3 tahun pada saat dibunuh.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button