Coretan RudiTimur Kalam

Tamparan Smith

TIMUR MEDIA – Publik dunia dikejutkan peristiwa tak terduga di penghargaan Oscar 2022. Musababnya, aktor Hollywood papan atas Will Smith, memukul komika Chris Rock.

Rock didapuk sebagai pembaca nominasi di panggung bergengsi itu, pada Minggu 27 Maret 2022, waktu setempat. Di Dolby Theatre, Los Angeles. Rock pertama kali dikenal lewat aksinya di: Saturday Night Live, tahun 1990.

Publik bukan terkejut lantaran humor Rock atau Smith didaulat sebagai Aktor Terbaik Oscar 2022.  Melainkan ketika Rock melempar candaan yang dinilai melukai hati Smith.

Ia melontarkan sarkasme di atas panggung Oscar, sebelum mengumumkan pemenang kategori Film Dokumenter Terbaik. Banyolan soal rambut botak yang dilontarkan Rock kepada Jada Pinkett, memantik emosi Smith. Hingga Smith berjalan ke arah panggung, lalu tanpa bicara, langsung menampar Chris Rock.

Bukan tanpa alasan Smith murka. Pinkett adalah istri tercintanya, yang memiliki nama lengkap: Jada Koren Pinkett. Smith telah hidup bersama Pinkett selama 54 tahun, yang dinikahinya pada 25 September 1968.

Terkait

Dari pernikahannya, mereka dikarunia tiga buah hati. Tyre (1992), Jaden Christopher Syre (1998) dan Willow Camille Reign (2000). Pinkett sendiri lahir di Baltimore, Maryland, Amerika, pada 18 September 1971. Ia juga seorang selebriti. Aktris dan penyanyi yang tersohor.

Lelucon Rock, dinilai keterlaluan. Rock menghina rambut gundul Pinkett, dan menanti penampilannya di sekuel G.I June. Sebuah film yang dibintangi Demi Moore dengan rambut botak.

Will Smith murka atas sarkasme itu. Lalu langsung naik ke atas panggung dan menampar pipi Rock.

Rock berteriak, “Oh, wow, wow.. Will Smith menamparku.”

Smith kembali ke kursinya lagi. Lantas membalas dengan suara keras.

“Jauhkan nama istriku dari mulut sialanmu!” teriak Smith, usai duduk di kursinya.

Satu jam berikutnya, Smith meminta maaf kepada pihak Academy of Motion Picture Arts and Sciences dan nomine lain. Ia mengaku bertindak gegabah karena didorong cinta pada istrinya.

Apalagi sang istri tengah mengidap penyakit alopecia areata. Kondisi autoimun yang menyebabkan rambut rontok di bagian kecil folikel rambut. Kerontokan rambutnya kerap ditemui ketika mandi.

Pinkett telah berjuang melawan penyakitnya selama empat tahun terakhir. Ia pernah membuka riwayat medisnya di serial Red Table Talk pada 2018. Dan sejak Juli 2021, Pinkett memutuskan menggunduli rambutnya. Karena penyakit yang didera istrinya, Smith lepas kontrol untuk membela sang pujaan hati.

Aksi Smith menuai kontroversi.

Pelbagai reaksi pedas mencuat dari para sineas. Seperti sutradara Knocked Up, Judd Apatow. Melalui cuitannya, Apatow menuding Smith kehilangan akal karena tak bisa meredam kemarahannya.

Tapi, banyak juga yang membela Smith. Reaksi spontannya untuk menjaga harga diri suami dan bentuk cinta pada istrinya. Terlebih bukan kali ini saja Rock bersikap tak menyenangkan pada Smith. Beberapa tahun sebelumnya, Rock bahkan menghina Smith dan istrinya. Tapi tidak secara tatap muka.

Smith yang mengantongi kekayaan US$ 350 juta atau setara Rp 5 triliun, seperti laporan Celebrity Net Worth, tidak ambil pusing. Begitu pula istrinya. Mereka menyikapi hinaan Rock tanpa tanggapan.

Tapi tajamnya lidah Rock diulang kembali pada Oscar 2022, yang memantik amarah Smith. Rock, yang hartanya ditaksir US$ 60 juta atau sekitar Rp 858 miliar itu hanya diam. Tak lagi berani menghina.   Komedian, aktor, produser, dan sutradara Amerika berkulit hitam itu mungkin sadar diri.

Kalau Smith benar-benar murka, karena ketajaman lidahnya. Untung saja Rock hanya ditampar.

Gara-gara lisan melempar hinaan, banyak kasus berujung pembunuhan. Di Indonesia kasus-kasus pembunuhan karena terpantik emosi usai dihina, sering terjadi. Semisal kasus pedagang nasi goreng di Bumi Jaya Tegal, AR. Ia terlibat perkelahian dengan tetangganya, SDR. Gegara SDR menghina ayah AR. SDR pun meregang nyawa, dibunuh dengan potongan besi. Kasus itu mencuat 14 Februari 2020.

Kasus serupa juga terjadi di Malang awal Desember 2022. AD Pratama yang masih berusia 14 tahun, dibunuh karena menghina seniornya STO. Pelaku yang berusia 20 tahun merasa sakit hati karena AD menghinanya. STO dihina miskin. Hanya karena tak punya handpone seperti AD. STO tidak terima dan mencekiknya sampai AD meregang nyawa.

Teranyar di Jakarta, September 2021. Pria berinisial LD menghabisi kenalan wanitanya. Alasannya, karena dihina bau dan kotor. LD sakit hati dan tega melakukan pembunuhan dengan mencekik korban.

Dari kasus Rock dan sejenisnya kita belajar: hati-hati dengan lisan.

Kata banyak orang, “Mulutmu, harimaumu.”

Untung saja Rock cuma ditampar, dan Smith tak kebablasan berbuat lebih. Apalagi Rock melontar sarkasme terbuka di panggung yang selalu menjadi sorotan publik internasional.

Dari tamparan Smith pula kita belajar: seemosi apapun, pengendalian diri sangat penting.

Kecerdasan spiritual dan emosional jauh lebih utama dari kecerdasan intelektual belaka. Faktanya pun, banyak orang-orang intelek justru merampok uang negara. Menyengsarakan rakyat senusa dan bangsa. Kekayaan alam negeri ini pun dipreteli, dengan mencipta gurita oligarki. Hiiii. (Rudi Agung)

Selengkapnya...
Back to top button