NEWS

Tak Ada Dana Santunan Kematian Korona

Santunan yang pernah diajukan banyak yang belum cair.

Report: Ryan I Editor: Basir

TIMUR MEDIA – Ahli waris yang keluarganya menjadi korban meninggal dunia akibat Covid-19 tidak akan mendapat santunan. Hal ini lantaran tidak ada dana di Kementerian Sosial pada tahun anggaran 2021.

Demikian disampaikan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kementerian Sosial, Sunarti.  Ia mengatakan tahun ini tidak tersedia alokasi anggaran santunan kematian bagi korban Covid019.

“Terkait rekomendasi dan usulan yang disampaikan dinas sosial provinsi/kabupaten/kota sebelumnya tidak dapat ditindaklanjuti,” papar Sunarto dalam surat edaran kepada kepala dinas sosial provinsi seluruh Indonesia tertanggal 18 Februari 2021 yang diterima media di Jakarta, pada Senin 22 Februari 2021.

Di surat tersebut, Sunarti menyebut Surat Edaran Plt. Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Nomor:427/3.2/BS.01.02/06/2020 tanggal 18 Juni 2020. Surat edaran ni menyatakan tidak ada anggaran santunan korban meninggal dunia akibat Covid-19 pada Kementerian Sosial.

Untuk itu, ia meminta kepada kepala dinas sosial provinsi agar dapat menyampaikan hal tersebut kepada kepala dinas sosial kabupaten/kota di wilayahnya masing-masing. “Selanjutnya untuk tidak memberikan rekomendasi dan/atau usulan lagi pada Kementerian Sosial,” katanya.

Padahal sebelumnya, pernah terbit Surat Edaran Plt. Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial, bernomor  427/3.2/BS.01.02/06/2020 tanggal 18 Juni 2020 yang diteken Plt. Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Adi Wahyono menyebut tentang santunan Rp 15 juta bagi ahli waris yang anggota keluarganya meninggal akibat infeksi Covid-19.

Surat edaran itu merujuk keputusan Kepala BNPB tentang penetapan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus korona di Indonesia. Serta menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2020 tentang Upaya Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Kementerian Sosial.

Tapi, seperti dilaporkan BBC Indonesia, santunan dari Kementerian Sosial untuk ahli waris korban yang meninggal karena Covid-19 tidak kunjung tersalurkan, padahal beberapa ahli waris mengajukan sejak medio tahun 2020.

Dinas Sosial Provinsi Banten mengaku telah mengirim 141 permohonan santunan ke Kemensos. Namun hingga saat ini baru sembilan ahli waris yang menerima santunan itu. “Kami hanya merekomendasikan saja. Dan semua yang diajukan, kami rekomendasikan ke Kemensos,” kata Plt Sekretaris Dinas Sosial Banten, Budi Darma, dilansir BBC, 18 Februari 2021.

“Pencairannya langsung ke rekening penerima. Kami pun biasanya malah tidak tahu kalau sudah dicairkan,” ujarnya. Secara umum, jumlah ahli waris yang telah mengajukan santunan jauh lebih sedikit ketimbang total orang yang meninggal akibat Covid-19.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button