Internasional

Slovakia Ingin Gunakan Vaksin Sputnik V Rusia

Red : Ahmad Mulyadi

BRATISLAVA – Slovakia tertarik menggunakan vaksin corona buatan Rusia, Sputnik V. Demikian disampaikan Perdana Menteri Slovakia, Igor Matovic, seperti dilansir Kantor Berita Rusia, TASS, kemarin (7/2/2021).

Matovic menuturkan keteratarikannya kepada Sputnik V berdasarkan hasil pengujian laboratorium oleh para pakar yang dilaporkan dalam jurnal medis internasional, Lancet. Dalam jurnal terkemuka tersebut, disebutkan Sputnik V memiliki tingkat efektifitas dan keamanan yang tinggi. Sejauh ini, baru ada tiga negara yang menurut Lancet berhasil menciptakan vaksin dengan efektifitas di atas 90 persen : vaksin buatan Biontech dari Jerman, vaksin Sputnik V buatan Gamaleya Institute dari Rusia dan vaksin buatan Moderna serta Pfizer asal Amerika Serikat. Adapun vaksin dari negara-negara lain seperti Astra Zeneca buatan Oxford (Inggris) dan sejumlah vaksin asal Cina masih dianggap kurang tinggi efektifitas dan keamanannya.

Matovic menjelaskan, para pakar medis di negaranya pun telah melakukan kajian terhadap vaksin Rusia ini. Para pakar medis Slovakia, kata dia, menyimpulkan bahwa vaksin ini bagus dan direkomendasikan. “Ahli epidemiologi terkemuka Slovakia merekomendasikan pemerintah untuk memperoleh vaksin Rusia dan mulai menggunakannya di Republik Slovakia secepat mungkin,” tegasnya.

Selain itu, Matovic mengungkapkan bahwa jika diperlukan, negaranya siap untuk ikut memproduksi Sputnik V di negaranya dan menyuplainya ke negara-negara anggota Uni Eropa lain. Wilayah bagian timur di Slovakia, yakni Presov, disebut cocok menjadi lokasi produksi tersebut.

Sebagai informasi, Slovakia adalah negara anggota Uni Eropa kesekian yang menyatakan ketertarikannya pada Sputnik V. Sebelumnya, Jerman, Prancis, Austria dan Yunani pun telah menyatakan ketertarikan menggunakan vaksin tersebut. Bahkan Hungaria, yang juga anggota Uni Eropa, telah memesan vaksin tersebut secara resmi kepada Rusia.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button