Internasional

Singapura Jadi Negara Asia Pertama Gelar Vaksinasi

Red : Ahmad Mulyadi

SINGAPURA, TIMUR MEDIA — Singapura menjadi negara pertama di Asia yang melakukan vaksinasi massal terkait Covid-19. Vaksinasi tersebut telah dimulai pada hari ini seperti diberitakan media massa berbahasa Inggris asal Singapura, The Straits Times (30/12/2020).

Dilansir The Straits Times, vaksinasi ini dilakukan dengan sejumlah tahapan, dimulai terhadap para tenaga medis. Pada Rabu ini (30/12) sejumlah staf di National Centre for Infectious Diseases menjadi pasien pertama yang disuntik vaksin untuk menangkal Covid-19 tersebut. Setelah lembaga kesehatan milik pemerintah tersebut, vaksinasi akan diteruskan kepada para tenaga medis di lembaga-lembaga kesehatan lainnya, baik itu negeri maupun swasta.

Usai tenaga medis, vaksinasi akan dilanjutkan untuk para lansia berusia tujuh puluh tahun ke atas. Tahapan ini rencananya akan digelar mulai Februari tahun depan. Setelah dua kelompok di atas, barulah penduduk Singapura lainnya akan mendapat giliran vaksinasi, dengan catatan bahwa mereka berusia minimal enam belas tahun. Selain itu, Pemerintah Singapura pun mengatakan vaksinasi ini pun dapat diberikan kepada warga non Singapura, namun dengan catatan bahwa mereka akan tinggal di Singapura dalam waktu cukup lama atau long-term residents.

Menurut Pemerintah Singapura, program vaksinasi ini seratus persen gratis dan bersifat sukarela. Artinya, tak ada satu pun warga yang dipaksa untuk vaksinasi. Dengan cara seperti ini, Pemerintah Singapura berharap keadaan masyarakat dan ekonomi Singapura dapat kembali pulih seperti sebelum pandemi.

Untuk keperluan vaksinasi ini, sebelumnya Pemerintah Singapura telah mendatangkan vaksin buatan Jerman-Amerika Serikat yaitu BioNTech-Pfizer. Vaksin ini dianggap Pemerintah Singapura cukup aman karena telah mencapai efektifitas sebesar 95 persen selama masa uji coba sebelumnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button