Bencana Alam

Sebulan, Indonesia Diterjang 263 Bencana

Report: Ryan I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Dalam rentang sebulan, Indonesia telah dilanda 263 kejadian bencana alam sepanjang Januari 2021. Bencana alam terbanyak yang terjadi awal tahun ini adalah banjir dengan 167 kejadian, disusul tanah longsor dan puting beliung dengan masing-masing 42 kejadian. Selanjutnya, enam kejadian gelombang pasang, lima gempa bumi, dan satu  kebakaran hutan dan lahan.

Data BNPB ini, rentetan bencana rangkuman sampai 31 Januari 2021 pukul 15.00 WIB. Dari ratusan kejadian bencana, memakan banyak korban jiwa.

Rinciannya, sekitar 1,5 juta orang menderita dan mengungsi. Lalu, 12 ribu orang luka-luka, 191 meninggal dunia, dan sembilan orang dinyatakan hilang. Adapun kerusakan akibat bencana menimbulkan 36,5 ribu rumah rusak, 124 fasilitas rusak, 43 jembatan rusak, dan 4 kantor rusak.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati menjelaskan, sebagian besar bencana terjadi karena pengaruh kondisi hidrometeorologi.

“Dari seluruh kejadian bencana, 98 persen disebabkan faktor hidrometeorologi,” kata Raditya, Senin 1 Januari 2021. Bencana faktor hidrometeorologi terbagi menjadi dua, yaitu basah dan kering. Di awal tahun, bencana yang terjadi akibat faktor hidrometeorologi basah.

Mengacu data BMKG, sebanyak 94 persen dari 342 zona musim di Indonesia, saat ini telah memasuki puncak musim hujan. Diperkirakan, puncak musim hujan terjadi pada Januari dan Februari 2021.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button