Ibu Kota Baru

Sebentar Lagi Badan Otorita Dibentuk

Report: Hendra| Editor: Teguh H

TIMUR MEDIA – Badan Otorita Ibu Kota, segera dibentuk. Joko Widodo mengatakan pembentukan paling lambat awal tahun depan.

Badan ini akan mengurus spesifik perpindahan pusat pemerintahan ke Kaltim.

Menurut Jokowi hal-hal terkait pembentukan badan ini sudah rampung. Rencananya dibentuk akhir Desember. Maksimal, Januari.

“Sudah selesai semua kok,” kata Jokowi di ibu kota baru, Selasa 17/Des/2019. Ia sendiri tak mau terburu-buru. Untuk itu, siapa yang akan menahkodai badan ini pun masih dirahasiakan.

Jokowi bilang hal inin perlu kajian mendalam untuk memutuskan kepala badan. Apalagi menyangkut gagasan besar dan perencanaan besar. “Ini juga menyangkut sebuah pendanaan besar,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, pada medio November 2019, hal sama disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa.

Pembentukan Badan Otorita pemindahan ibu kota ditargetkan selesai pada Desember 2019. Nantinya tak perlu dibuatkan Undang-undang.

Badan Otorita cukup mengacu pada Peraturan Presiden.

“Badan Otorita mungkin bulan depan ya. Termasuk yang memilih kepala atau pimpinannya,” urai Suharso pada Senin, 18/Nov/2019 silam di Jakarta.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button