Nasional

Satgas: Vaksin Tidak Jamin Kebal Covid-19

Belasan juta pasien Covid-19 di dunia bisa sembuh tanpa vaksin apapun.

Report: Janu I Editor: Abi K

TIMUR MEDIA – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menegaskan sampai saat ini tidak ada garansi yang menyatakan masyarakat yang disuntik vaksin akan kebal terhadap korona.

Hal ini diungkap Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. “Perkembangan pengetahuan yang sedang berjalan sampai sekarang, belum ada hasil vaksin akan memberi proteksi atau kekebalan berapa lama,” tegas Wiku, belum lama ini.

Ia menjelaskan dalam perkembangan terkini, siapapun yang terkena virus masih mungkin akan kembali terinfeksi. Fakta ini, lanjutnya, perlu didalami lebih jauh ke depan.

Wiku menekankan proteksi terdepan yang saat ini dapat dilakukan dengan menjaga protokol kesehatan. “Cara pencegahan utama,” ujarnya.

Menurutnya semakin cepat mengubah perilaku hidup sehat dan hidup bersih, hal ini bisa memproteksi seseorang. “Tanpa perlu menunggu vaksin,” tegasnya.

Data realtime kasus Covid-19 dunia, 18,6 juta jiwa sembuh tanpa vaksin apapun. (Worldometers)

Mengacu data realtime kasus Covid-19 dunia, yang dilansir Worldometers, per 4 September 2020, , jumlah pasien sembuh korona di dunia telah mencapai 18.646.248 jiwa. Jumlah pasien sembuh itu berasal dari total kasus di dunia, yang jumlahnya 26.456.575 kasus. Dengan kata lain, jauh lebih banyak yang sembuh.

Sedangkan sisa kasus atau 6.937.854 masih menjalani perawatan. Dari jumlah ini, hanya satu persen atau 60.961 pasien yang dianggap kritis. Ini pun memiliki riwayat penyakit bawaan atau komorbid. Sedangkan 99 persen dari sisa kasus atau 6.876.893 jiwa berada dalam kondisi stabil.

Data itu juga menunjukan, tingkat kesembuhan total kasus di dunia sangat tinggi yakni mencapai 96 persen. Sedangkan tingkat kematian hanya empat persen, yang itu juga didominasi kasus komorbid. Untuk kasus di Indonesia, bahkan tingkat kesembuhannya melebihi rata-rata global. Yakni mencapai 72,12 persen. Sedangkan angka kesembuhan rata-rata global berkisar 62,2 persen.

Seluruh pasien Covid-19 yang sembuh dan kembali normal di dunia, tidak satu pun yang menggunakan vaksin.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button