NEWS

Sastrawan Ajip Rosidi Tutup Usia

Pewarta: Ryan I Editor: Basir

TIMUR MEDIA – Dunia sastra Indonesia, berduka. Sastrawan senior, Ajip Rosidi, dikabarkan meninggal dunia pada Rabu 29 Juli 2020, malam. Sastrawan terkemuka ini meninggal dunia di Magelang, Jawa Tengah, di usianya yang ke-82 tahun.

Kabar meninggalnya tokoh sastra Indonesia itu disampaikan orang dekat almarhum, yang juga pengurus Yayasan Kebudayaan Rancage, Hawe Setiawan.

“WARTA SUNGKAWA. Telah wafat: sastrawan, budayawan, Kang AJIP ROSIDI malam ini, Rabu, 29 Juli 2020, sekitar pukul 22.20 WIB di Rumah Sakit TIDAR, Magelang. Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun,” tulis Hawe, di linimasa Facebook.

Sejak 23 Juli 2020, Ajip dirawat di RS Tidar di Magelang setelah jatuh di rumah anaknya di Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Ungkapan simpati dari para sastrawan dan seniman Indonesia membanjiri media sosial sejak tokoh sastra itu dirawat di Magelang.

Kabar duka ini juga dikonfirmasi rekan Ajip, Prof Abdul Hadi WM. Menurut sastrawan yang juga guru besar Universitas Paramadina, Ajip Rosidi sempat menjalani perawatan medis sebelum menghembuskan nafas terakhir. Almarhum juga sempat mengeluhkan sakit di perutnya.

“Benar (kabar bahwa Ajip Rosidi meninggal dunia). Saya dapat kabarnya dari Magelang,” ujar Abdul Hadi dilansir ROL. “Masyarakat sastra Indonesia kehilangan tokoh penting karena Pak Ajip banyak memberikan perhatian pada perkembangan sastra Indonesia dan juga sastra Sunda,” tambahnya.

Ajip Rosidi lahir pada 31 Januari 1939 di Jatiwangi, Majalengka, Jawa Barat. Ia adalah sastrawan Indonesia, penulis dan budayawan. Pernah menjadi dosen tamu di Jepang. Kiprahnya memajukan kebudayaan Sunda antara lain melalui pendirian Yayasan Kebudayaan Rancage, yang dibentuknya tahun 1993.

Banyak karyanya yang telah terbit, serta diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, seperi Inggris, Belanda, Prancis, Rusia, Jepang, dan Cina. Sebagai bentuk pengakuan atas jasa-jasanya, Universitas Padjajaran menganugerahinya gelar doktor kehormatan dalam bidang ilmu budaya.

Sastrawan kelahiran Jatiwangi, Majalengka, Jawa Barat, ini dilahirkan pada 31 Januari 1938.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button