AdvDPRD Balikpapan

Saran Budiono, Pelaku Usaha Harus Bangkit

Di tengah kesulitan apapun, pelaku usaha pandai membaca peluang.

Report: Taufik Hidayat I Editor: Isnan Rahardi

TIMUR MEDIA – Anggota Parlemen Balikpapan, Budiono, terus memberikan dorongan semangat bagi para pelaku usaha di kota ini. Ia menyarankan meski ekonomi makin sulit di masa pandemi, namun pelaku usaha harus tetap bisa bangkit.

Menurut Budiono, mereka juga harus bisa melakukan inovasi di tengah kesulitan ekonomi saat ini. “Para pelaku usaha dan kita semua harus bisa kembali bangkit setelah terpuruk akibat Covid-19.  Harus pintar membaca peluang dan sektor usaha yang memiliki masa depan,” saran Budiono, Jumat, 16 Oktober 2020.

Ia merasakan getirnya pelaku usaha yang jatuh bangun dalam menjaga bisnisnya akibat krisis ekonomi yang diterjang badai pandemi. “Memang banyak sekali yang terhantam badai krisis sekarang, tapi ada juga sektor-sektor yang justru mengalami kemajuan. Dengan begitu, kita tumbuh besar bersama dengan perubahan ini,” kata Budiono.

Untuk itu, Budiono menyarankan, pelaku usaha harus siap dengan segala kemungkinan yang terjadi. Termasuk menyiapkan sejumlah perencanaan untuk mengantipasi hal buruk di kemudian hari. “Kalau kita bisa membaca lebih awal, Insya Allah para pelaku usaha bisa melakukannya, dan saya yakin mereka bisa bangkit kembali,” tuturnya.

Budiono mengilustrasikan pandemi ini seperti pengingat kepada seluruh masyarakat bahwa datangnya era baru setelah semua badai ini berakhir. Karenanya para pelaku usaha harus bisa melek dengan teknologi digital.

“Misalnya memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk meningkatkan sektor usaha. Apalagi di tengah pandemi ini nyaris semua aktivitas dan interaksi dibatasi,” katanya. Tapi, sambung Budiono, kesulitan apapun yang dialami para pelaku usaha pasti akan berakhir.

“Apalagi pengusaha itu sering berpikir out of the box. Saya yakin mereka mampu mengubah kesulitan menjadi peluang. Terus semangat dan harus bangkit dari sebelumnya,” pesannya. *Adv

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button