Kaltim

Samarinda Waspada Banjir

Timur Media

Sungai karang mumus Samarinda. (net)

TimurMedia.com:

Report: Robbi| Editor: Faisal

TIMUR MEDIA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Samarinda mengeluarkan peringatan bahaya banjir di Kota Tepian penyangga ibu kota baru ini. Peringatan tersebut menyusul curah hujan yang tinggi di bulan Desember hingga Januari 2020.

Kepala BMKG Samarinda, Riza Arian Noor, menjelaskan dalam beberapa hari ke depan Samarinda akan terus diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

“Secara umum, seluruh daerah di Kaltim mengalami curah hujan yang tinggi. Jadi kita harus terus waspada,” ujar Riza dalam keterangan resminya.

Menurutnya di seluruh wilayah Pulau Kalimantan memiliki peluang hujan yang berpotensi menyebabkan banjir dan tanah longsor. Belum lama ini samarinda sendiri mengalami musibah banjir.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samarinda menyebut, banjir merendam sebagian kawasan Bengkuring, di Kelurahan Sempaja Timur, Samarinda Utara. Sekitar 500 rumah terendam hingga 70 cm, sejak Minggu, 22/Des/2019.

“Ini terjadi akibat luapan Sungai Karang Mumus,” jelas Kepala BPBD Samarinda, Hendra. Ia mengimbau warga Samarinda, terutama yang tinggal di sepanjang aliran Sungai Karang Mumus agar bersiap menyongsong musim hujan dengan pelbagai kemungkinan banjir susulan.

Persiapan, sambung Hendra, bisa dengan mulai mengamankan surat-surat berharga, barang-barang elektronik, kendaraan. “Sekaligus menyiapkan stok makanan di rumah. Saat ini saja akibat hujan selama beberapa hari, sejumlah pemukiman sudah terendam air,” jelasnya.

Pihaknya mengaku telah mengantisipasi datangnya banjir besar dengan menyiagakan delapan perahu karet dan persiapan perbekalan serta pendirian dapur umum.

Data relawan Info Taruna Samarinda, menyebutkan lebih dari 500 rumah terendam banjir. Sejumlah korban terpaksa mengungsikan diri ke daerah yang lebih aman.

“Data yang kami dapatkan dari pihak Kelurahan Sempaja Timur dan BPBD Samarinda mencatat sekitar 652 rumah terdampak banjir,” jelas Kordinator Relawan Info Taruna Samarinda, Joko Iswanto.

Banjir tersebut luapan dari aliran Sungai Karang Mumus yang merendam RT 32 sampai RT 51 Kelurahan Sempaja Timur. Dengan jumlah terdampak banjir sebanyak 652 Kepala Keluarga (KK) dengan total 2.292 jiwa.

Most Popular

To Top