Kaltim

Samarinda Terapkan Ujicoba Doctor On Call

Report: Yoyo I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Pemerintah Kota Samarinda mencanangkan uji coba program layanan kesehatan berbasis telepon pada bulan Desember 2021.

Rencananya, program Doctor On Call yang menjadi salah satu program unggulan Wali Kota Samarinda, Andi Harun ini, akan uji coba dengan menyasar 10 Puskesmas di Samarinda. Komisi IV DPRD Samarinda mengapresiasi program ini.

Ketua Komisi IV Sri Puji Astuti, mengatakan, program ini telah berjalan namun belum diproyeksikan secara khusus. Komisi IV DPRD Samarinda mendukung program unggulan dari Walikota Samarinda saat ini.

Ia berharap agar program tersebut mengutamakan cepat tanggap.

“Respons layanan telepon cepat, baik dari petugas lapangan maupun ketersediaan dokter. Kita sudah punya linknya, tinggal kesediaan dari dokter-dokternya. Itu harusnya disusun lagi untuk gerak cepat seperti layanan 112,” ujarnya, Kamis 2 Desember 2021.

Politisi Demokrat ini menjelaskan, selain respons cepat hingga ketersediaan dokter, ia juga menekankan agar insentif dokter dan tenaga kesehatan yang menjalankan program tersebut perlu pertimbangkan.

“Apakah ada insentif lain, seperti kalau rumah sakit daerah kan ada BLUD atau penanganan Covid-19, itu kan ada insentifnya tersendiri,” ujarnya.

Ia berharap agar program layanan kesehatan tanggap cepat ini dapat segera dijalankan di seluruh puskesmas di Kota Samarinda. “Tinggal kesiapan anggaran di masa pandemi ini, otomatis tidak semuanya sesuai harapan,” ujarnya. Pelaksanaan uji coba Doctor On Call akan dievaluasi melalui Dinas Kesehatan.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button