AdvDPRD Balikpapan

Sabaruddin: Penertiban Minimarket Jangan Tebang Pilih

Report: Taufik I Editor: Faisal

TIMUR MEDIA – Kasus minimarket tidak berizin masih menjadi perbincangan hangat masyarakat Balikpapan. Hal itu turut memantik perhatian Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan, Sabaruddin Panrecalle. Ia menegaskan agar penertiban yang dilakukan tidak boleh tebang pilih.

Dalam catatan Parlemen Balikpapan, sedikitnya ada 163 swalayan dan minimarket yang belum mengantongi izin. Untuk itu Sabaruddin meminta agar Pemerintah Balikpapan memberi tindakan tegas yang ril.

“Jangan sekadar retorika. Kalau memang tidak berizin sudah jelas melanggar aturan dan itu harus ada tindakan tegas ke pengusaha terkait,” tegas Sabaruddin, Sabtu 24 April 2021.

Sabaruddin mengungkapkan, saat ini minimarket di Balikpapan makin menjamur. Padahal, membangun minimarket sudah diatur jaraknya atau radius.

Ia menyarankan agar Pemerintah Balikpapan melakukan sidak lapangan. “Jika ditemukan ada yang tidak berizin, ya harus ditutup sampai mereka mengantongi izin. Tidak peduli milik siapa,” tegasnya.

Sabaruddin mengingatkan dalam mendirikan bangunan kalau tidak ada izin pasti dihentikan Satpol-PP. seharusnya hal demikian juga dilakukan terhadap minimarket. “Jangan sampai mereka yang melanggar aturan dibiarkan, jangan cuma PKL saja yang ditertibkan,” sindirnya.

Kata Sabaruddin, ketika ditemukan pelanggaran semacam ini Pemerintah Balikpapan harus cepat tanggap. Selama ini PKL yang sering ditertibkan Satpol PP mengetahui hal ini bisa menjadi masalah baru karena terkesan tebang pilih dalam penegakan perda dan perwali.

“Sebab pengurusan izin ini sangat berpengaruh terhadap PAD. Jangan bikin produk hukum seperti perda, perwali tapi aturanya dilanggar sendiri,” ingat Sabaruddin.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button