Internasional

Rusia Usir Diplomat Polandia

Report: Maya I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Pemerintah Rusia membalas sikap Polandia yang mengusir diplomatnya. Kali ini balasan serupa dilakukan Rusia dengan mengusir 45 diplomat Polandia.

Kantor Berita Rusia melaporkan, pihak Kemenlu setempat mengeluarkan pernyataan terkait sikap Rusia yang membalas pengusiran diplomat.

“Sebagai langkah balasan atas keputusan Polandia yang tidak bersahabat mengusir diplomat Rusia, maka 45 staf kedutaan Polandia di Moskow dan konsulat jenderalnya dinyatakan sebagai persona non grata,” tegas Kementerian Luar Negeri Rusia, dilansir laman kantor berita Rusia, Jumat 8 April 2022.

Pengusiran konsulat jenderal Polandia itu dilakukan di Kaliningrad, Irkutska, dan St. Petersburg. Ke-45 diplomat Polandia itu harus meninggalkan Rusia paling lambat tanggal 13 April 2022.

Kendati keduanya saling usir, hubungan diplomatik Rusia-Polandia tidak terputus total. Kedutaan Rusia di Warsawa, kantor konsulatnya, dan konsulat jenderal di Krakow, Gdansk dan Poznan tetap beroperasi.

Kemenlu Rusia menegaskan laporan terkait telah diserahkan kepada duta besar Polandia untuk Rusia.

Menurut Kemenlu Rusia, mereka telah menyampaikan protes keras kepada Duta Besar Polandia untuk Rusia Krzisztof Krajewski ihwal keputusan negaranya mengusir para diplomat Rusia.

“Kami menganggap langkah ini sebagai konfirmasi niat Warsawa untuk merusak hubungan bilateral. Tanggung jawab ini sepenuhnya berada di pihak Polandia,” papar Kemenlu Rusia.

Di akhir Maret lalu, Duta Besar Rusia untuk Polandia Sergey Andreyev menerima laporan dari Kemenlu Polandia. Yang berisi tentang pengusiran 45 diplomat Rusia dari negara itu.

Para diplomat yang diusir dinilai melakukan kegiatan spionase.

Namun, Andreyev membantah pernyataan itu.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button