Internasional

Pertama di Dunia : Rusia Daftarkan Vaksin COVID-19

Red : Ahmad Mulyadi

MOSKOW, TIMUR MEDIA – Rusia menjadi negara pertama di dunia yang mendaftarkan vaksin COVID-19. Demikian diumumkan Presiden Rusia, Vladimir Putin pada 11 Agustus kemarin, seperti dikutip TRT World (11/8/2020).

Menurut Putin, vaksin tersebut telah melewati sejumlah tahapan uji coba sebelum diresmikan oleh Pemerintah Rusia. Dalam uji coba yang berlangsung selama dua bulan itu, kata Putin, vaksin tersebut berfungsi efisien dan efektif dalam menciptakan kekebalan tubuh terhadap COVID-19. Bahkan, salah satu sukarelawan dalam ujicoba itu adalah salah satu anak perempuannya.

Salah satu putri saya pun mendapatkan vaksin. Dalam hal ini, dia ikut serta dalam uji coba (vaksin). Setelah vaksinasi pertama, dia memiliki suhu tubuh 38, lalu hari berikutnya 37, seperti itu saja,” kata Putin dikutip RT (11/8/2020).

Sementara itu, Menteri Kesehatan Rusia, Mikhail Murashko, mengatakan vaksin itu akan diproduksi secara massal dalam waktu dekat. Diperkirakan, kata dia, pada Oktober nanti vaksinasi massal akan dilakukan di Rusia dengan priotritas awal adalah para tenaga medis dan pendidik. “Kami merencanakan vaksinasi yang lebih luas dilakukan pada Oktober,” tutur Murashko seperti dikutip Reuters (11/8/2020).

Vaksin yang dibuat di lembaga penelitian Institut Gamaleya milik Pemerintah Rusia itu dinamai Sputnik V. Nama tersebut terinspirasi oleh satelit pertama di dunia yang berhasil mengangkasa pada 1957 lalu. Nama Sputnik V ini menurut sejumlah pengamat politik internasional memiliki makna khusus yang secara tidak langsung masih terkait dengan persaingan di bidang teknologi antara Rusia (dahulu bernama Uni Soviet) dan Amerika Serikat di era Perang Dingin dahulu.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button