Nasional

KPK Geledah Rumah Mensos Juliari

Report: Ryan I Editor: Faisal

TIMUR MEDIA – Komisi Pemberantasan Korupsi menggeledah rumah pribadi tersangka korupsi suap bantuan sosial Covid-19, Juliari Peter Batubara. Kediaman yang digeledah ini adalah rumah pribadi Juliari dan rumah dinas menteri sosial.

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, mengemukakan barang-barang yang ditemukan dan diamankan antara lain, pelbagai dokumen yang terkait dengan perkara.

Di kediaman Juliari, KPK juga melakukan penggeledahan di dua tempat lainnya. Bahkan, tim penyidik sempat melakukan upaya paksa penggeledahan dua kantor perusahaan yang diduga bekerja sama dengan Kemensos dalam penyaluran bansos Covid-19.

“Tim akan menganalisa lebih dahulu terhadap beberapa dokumen dimaksud untuk selanjutnya segera melakukan penyitaan,” terang Ali Fikri.

Mensos Juliari Batubara ditetapkan sebagai tersangka suap bansos Covid-19. Ia tersandung hukum bersama Pejabat Pembuat Komitmen Kemensos Matheus Joko Santoso, Harry Sidabuke, Ardian I M, dan Adi Wahyono.

Dari kasus ini, KPK menduga Juliari menerima Rp 17 miliar dalam dua periode pengadaan bansos sembako. Kasus ini terungkap saat penangkapan Matheus. Kasus menggelinding hingga KPK mengendus adanya pemberian uang dari para tersangka, termasuk Mensos Juliari.

Tersangka Menteri Juliari disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Adapun tersangka MJS dan AW disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 dan Pasal 12 huruf (i) Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button