Politik

RM – Thohari Maju Pilkada

Report: Edi | Editor: Faisal

TIMUR MEDIA – Kabar pasangan Rahmad Mas’ud aka RM, dan Thohari makin menguat. Dua pimpinan parpol terbesar di Balikpapan ini bakal berduet untuk maju di Pilkada 2020.

RM adalah Ketua DPD Golkar dan Thohari Ketua DPC PDIP Balikpapan. Dua parpol ini peraih suara terbanyak di Pemilu 2019.

Thohari sendiri telah mendaftarkan dirinya pada penjaringan yang dibuka Golkar sejak Senin sampai Selasa ini, 17-18/ Feb/ 2020. RM dan Thohari juga telah menyambangi DPP PDIP pada pekan lalu.

Sedangkan Ketum Megawati akan mengumumkan 48 pasangan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah Gelombang I pada Pilkada 2020. Rekomendasi itu dirilis pada Rabu besok, 19/ Feb/ 2020.

Menurut sumber Timur, dalam rekomendasi itu akan dirilis pula nama pasangan untuk Balikpapan dan empat daerah di Kaltim. Untuk Balikpapan dipastikan akan mengusung Thohari.

Thohari sendiri mengamini hal itu. Bahkan, langkah selanjutnya ia telah siap mengundurkan diri dari Wakil Ketua DPRD Balikpapan.

“Iya insya Allah (resign dari DPRD),” ujarnya, Selasa sore. Nantinya PDIP akan berkoalisi dengan Golkar.

Thohari berharap perjalanan Pilkada di Balikpapan bisa berlangsung aman, tertib dan lancar.

“Demokrasi Pilkada Balikpapan mesti berjalan dengan sejuk dan gembira. Karena semangatnya untuk menjadikan kota Balikpapan semakin maju dan baik,” jelasnya.

Informasi serupa juga disampaikan Sekretaris DPC PDIP Balikpapan, Budiono. Ia mengamini majunya pasangan RM – Thohari. “Iya benar. Tapi, pastinya diumumkan besok,” bebernya. Kendati demikian, dari pihak RM pun, Timur mendapat informasi serupa.

Namun, sampai saat ini belum ada pihak yang mau membuka kapan pasangan RM – Thohari dideklarasikan terbuka.

Golkar sendiri telah membuka pendaftaran penjaringan untuk bakal calon Wali Kota dan Wakil Walikota. Dalam dua hari sudah belasan tokoh yang mendaftar.

Sebelumnya, pada Senin (17/2), Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan 48 pasangan calon yang akan diumumkan pada Rabu adalah hasil rapat DPP yang dipimpin Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri telah menetapkan 48 pasangan calon untuk 1 pasangan calon provinsi dan 47 pasangan calon kabupaten/kota,” papar Hasto dalam keterangan tertulisnya.

Sebagian di antaranya akan diumumkan secara terbuka ke seluruh rakyat Indonesia. Menurutnya para calon kepala daerah Gelombang I yang diumumkan esok sebagian besar berstatus petahana.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button